Terminal Baru Bandara SMS Ditargetkan Tuntas Desember 2020 -->

Iklan Semua Halaman

.

Terminal Baru Bandara SMS Ditargetkan Tuntas Desember 2020

Selasa, 14 Januari 2020
Terminal Kedatangan Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Foto US/ Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Selain membangun  landasan pacu 2.200x30 meter, Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas II, Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima juga menyiapkan fasilitas pendukung, pembangunan terminal baru dua lantai. Bangunan tersebut ditargetkan tuntas Desember 2020.

“Tahun ini kita mau bangun terminal baru, luas lima ribu meter per segi, dua lantai. Ini sudah kontrak, mudah-mudahan tahun depan sudah mulai jalan,”  ucap Kepala UP Bandar Udara Kelas II Sultan Muhammad Salahuddin Bima, I Kadek Yuli Satriawan S.Kom, S.SIT kepada wartawan, di Palibelo, Kamis (9/1/2020) lalu.

Dikatakannya, pelaksanaan proyek terminal bandara dua lantai dilaksanakan dengan sistem single years, sehingga harus tuntas Desember 2020. Demikian halnya perpanjangan landasan pacu (run way) pesawat semula dari  1.650 meter menjadi 2.200x30 meter ditargetkan tuntas tahun ini.

“Mudah-mudahan pekerjaan kami menjadi lancar, target rampung Desember 2020. Tidak multiyears, single years. Mudah-mudahan setelah selesai Maret tahun depan, setelah selesai kita panggil tim verifikasi, semuanya bisa operasi. Kita langsung pindah,  karena pindah itu nggak gampang, butuh waktu,” katanya.

Kadek menambahkan, pada Januari pihaknya mengundang dari tim teknis untuk verifikasi kegiatan proyek bandara setempat pada tahun 2020 ini. Adapun terkait peningkatan status kelas setelah perpanjangan run way dan pasca pembangunan terminal baru, pihaknya menyerahkan kepada pihak kementerian terkait.


“Mudah-mudahan tidak ada kendala. karena sudah kontrak. Setelah perpanjangan runway dan pembangunan terminal baru, statusnya tidak otomatis naik kelas. Kalau naik kelas, nanti ada urusan penghitugnan dari Menpan,” jelasnya. [RD]