Truk Membawa Kayu Sonokeling Diduga Illegal Logging Ditangkap Tim PHBK

Iklan Semua Halaman

.

Truk Membawa Kayu Sonokeling Diduga Illegal Logging Ditangkap Tim PHBK

Jumat, 03 Januari 2020
Salah satu tim PHBK Arifudin alias Polo saat Menahan kayu di Desa Manggena'e. Foto Poris Berita11.com.
Dompu, Berita11.com - Sebuah Truk bermuatan kayu Sonokeling yang diduga illegal logging saat melintas di Desa Manggena'e Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB berhasil ditangkap oleh tim Pengamanan Hutan Berbasis Komoniti (PHBK), Kamis (2/1/2020) sore.

Kayu Sonokeling diduga diambil dalam kawasan hutan lindung di wilayah kawasan Register Tanah Kehutanan (RTK) 65 Kelompok Hutan Toffo Madapangga Rompu (KHTMR) Kabupaten Dompu NTB.

Selain truk yang bernomor polisi F 8902 UQ, tim PHBK juga mengamankan sopir inisial IF pria 30 tahun warga Desa Adu Kecamatan Hu'u.

"Kami menghentikan truk yang melintas sedang membawa kayu jenis sonokeling kurang lebih lima kubik, kami juga mengamankan salah seorang sopir," kata salah satu tim PHBK Arifudin alias Polo.

Lokasi penangkapan, Polo menjelaskan, truk tersebut saat melintas di jalan lintas Dompu-Bima, lebih tepatnya di Desa Manggena'e Kecamatan Dompu, sekira pukul 17.00 Wita.

"Kayu rata-rata yang sudah dibuat balok dengan ukuran 20x10 dan 20x15 centi meter dengan panjangnya berbagai versi ada yang dua meter dan juga tiga meter," beber Polo.

Sementara, Kepala Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Syaifiullah, S.hut, M.Si kepada Berita11.com menjelaskan bahwa penangkapan itu telah dilaporkan ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB guna diproses lebih lanjut.

"Kami sudah melaporkan kasus ini ke Kadis LHK Provinsi NTB agar segera mengirim PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) guna proses penyidikan," jelas Kepala KPH. [RIS]