Deteksi Dini Gangguan Kamtibmas, INDEK Dompu Gelar Dialog Publik -->

Iklan Semua Halaman

.

Deteksi Dini Gangguan Kamtibmas, INDEK Dompu Gelar Dialog Publik

Saturday, February 22, 2020
Kasat Intelkam Polres Dompu IPTU Abdul Haris saat menyampaikan Materi soal mengangkal informasi Hoax. Foto ist
Dompu, Berita11.com - Lembaga Riset Kelembagaan Konsulting dan Advokasi Kebijakan Pembangunan atau INDEK Kabupaten Dompu menggelar dialog public di aula KNPI DPD II Dompu, Sabtu (22/2/20) sore.

Kegiatan berlangsung sekira pukul 15.00 Wita itu mengusung tema "Deteksi Dini dalam Upaya Antisipasi Berbagai Kerawanan Ketertiban Masyarakat di Wilayah NTB" yang dihadirkan narasumber, Kapolres Dompu yang diwakilkan Kasat Intelkam IPTU Abdul Haris, anggota DPRD, Sumiyati, M.pd dari kalangan Akademisi dan Dosen tetap STKIP YAPIS Dompu.

Menurut Ketua INDEK Ardiansyah, untuk menyikapi kerawanan di NTB, perlu ada sinergitas antar lembaga, demi mendeteksi dini sebuah problem. Untuk itu, Ardiansyah berharap, lewat dialog publik ini agar dijadikan sebagai salah satu upaya menetralkan situasi saat ini yang semakin mencekam dan mengkhawatirkan.

Dikatakan Ardiansyah, hal itu, banyak oknum yang memanfaatkan keberadaan berita yang tidak relevan atau hoax baik di online maupun surat kabar lebih-lebih di media sosial (Medsos).

"Ini menjadi pekerjaan rumah kita semua agar menjadi manusia yang memanusiakan manusia, sebab, saat ini kerawanan diberbagai daerah terutama NTB sangat rawan sekali terjadi sesuatu masalah sosial di luar dugaan kita, nah lewat dialog ini semoga saja adaya upaya antisipasi dini dari stacholder yang terkait " Ujar Ardiansyah.

Kegiatan dialog itu diikuti pula utusan dari organisasi kemahasiswaan dan organisasi kemasyarakatan juga beberapa LSM yang ada di Dompu dengan hikmahnya acara tersebut membuat peserta dialog menyimak dengan seksama materi yang dipaparkan beberapa narasumber. [RIS]