Diharapkan Keterlibatan Banyak Pihak, Panwascam Manggelewa Gelar Sosialisasi

Iklan Semua Halaman

.

Diharapkan Keterlibatan Banyak Pihak, Panwascam Manggelewa Gelar Sosialisasi

Jumat, 07 Februari 2020
Anggota Panwascam Manggelewa dan peserta sosialisasi usai menggelar kegiatan. Foto Hidayat Berita11.com
Dompu, Berita11.com - Salah satu tugas pokok Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Manggelewa dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang, Panwascam menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar atau mencegah dan menindak setiap pelanggaran dalam setiap tahapan Pilkada. Untuk melaksanakan tugas itu, perlu keterlibatan atau partisipasi banyak pihak, termasuk masyarakat dan pemangku kepentingan (stake holder).

Hal itu disampaikan Ketua Panwascam Manggelewa, Jumadil, S.Pd saat sosialisasi tatap muka dengan stake holder diantaranya Kepala Desa dan masyarakat tentang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 di aula Kantor Desa Doromelo, Kamis (06/02/2020) pagi.

Menurut Jumadil, untuk menjamin kualitas dan integritas Pilkada diperlukan pengawasan seluruh tahapan dan aspek pemilihan oleh pengawas yang didukung oleh masyarakat. Karena Pilkada adalah kompetisi yang rentan terjadi pelanggaran.

“Keterbatasan personal, daya dukung dan kewenangan pengawas membutuhkan partisipasi masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, risiko jika masyarakat apatis di antaranya akan menghasilkan konflik, kekerasan dan hilang kepercayaan rakyat. Selain itu terjadi arus balik atau kecendrungan melihat masa lalu. “Bagian dari ekspresi mengawal tidak bisa sendiri oleh penyelenggara melainkan pemerintah setempat harus sama-sama menjaga Kenetralitas," beber Jumadil.
Sosialisasi sedang berlangsung di Desa Doromelo. Foto Hidayat Berita11.com
Dikatakan Jumadil, Panwascam terus berupaya mendorong partisipasi pengawasan dari masyarakat dan peran para pemangku kepentingan. Sebelumnya, sosialisasi dilaksanakan di 12 Desa dan terutama yang rentan pelanggaran.

"Harus dipahami bahwa ini merupakan tanggungjawab kita bersama. Semua mempunyai peran dan fungsi menyukseskan Pilkada,” imbuhnya.

Sementara, salah satu anggota Panwascam Manggelewa selaku Kordivisi PHL, Nove dihadapan peserta yang mengikuti sosialisasi mengaku, selama ini jajaran pengawas sudah bekerja optimal dalam mengawasi, mencegah, dan menangani pelanggaran. Setiap kasus pelanggaran tetap diproses, hanya saja kadang pengawas menghadapi hambatan.

“Untuk dimaklumi partisipasi masyarakat sangat dominan. Ada sesuatu yang terjadi di lapangan sampaikan. Cuma masalah masyarakat yang kami kunjungi berdasarkan informasi awal itu, tidak berani terbuka, dan pelapor itu menjadi kendala,” kata Nove.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Doromelo, Junaidin menegaskan, yang berkaitan dengan pengawasan ASN, jika ada Staf Desa saya yang ditemukan mohon pencegahan terlebih dahulu atau bisa datangi saya untuk saya tindak lanjuti.

“Kaitan pengawasan, kami dari Pemerintahan Desa Doromelo akan mengambil langkah-langkah proaktif sosialisasi tahapan Pilkada pada berbagai kesempatan,” terangnya. [YAT]