Diskanlut Kabupaten Dompu Punya Strategis Jitu untuk Meningkatkan PAD -->

Iklan Semua Halaman

.

Diskanlut Kabupaten Dompu Punya Strategis Jitu untuk Meningkatkan PAD

Friday, February 28, 2020
Kepala Diskanlut Kabupaten Dompu Ir. Wahidin, M. Si usai memberikan keterangan pers. Foto Poris Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Peran Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) untuk meningkatkan hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangat dibutuhkan. Untuk itu, Diskanlut Kabupaten Dompu mempunyai strategis yang sangat jitu untuk meningkatkan hasil PAD dengan mengembangkan potensi yang ada dan mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki Pemerintah Daerah (Pemda) yang ada di berbagai tempat.

“Kaitan dengan PAD, kami sudah siapkan beberapa objek yang kita lakukan menggunakan aset-aset yang kita miliki, seperti aset yang dikelola oleh pihak ketiga yaitu tempat pendingin hawa maupun pabrik es yang berlokasi di jala,” kata Kepala Diskanlut Ir. Wahidin, M. Si, pada Berita11.com, Jumat (28/2/2020) pagi di kantornya.

Tak hanya mengoptimalkan potensi yang ada, Wahidin juga mempunyai rencana tersendiri untuk meningkatkan hasil PAD juga kelangsungan hidup dan mensejahterakan masyarakat dengan memanfaatkan lahan milik Pemerintah Provinsi yang diberi kelola Diskanlut.

“Sementara aset yang dimiliki daerah sebagai media penyuluhan diantaranya, pale ikan di persinggahan, tambak udang dan bandeng, yang sebenarnya milik provinsi tetapi kita yang mengelola, lokasinya di mumbu sana kurang lebih dua heaktar,” terang Wahidin.

Wahidin juga saat ini sudah menyediakan Balai Benih Ikan (BBI) untuk menampung bibit ikan yang nantinya akan dijual bibitnya ke warga masyarakat seperti bibit ikan Nila atau Lele dan lain-lain, lewat kesempatan itu, Diskanlut bisa menarik retribusi dan menambah pengahsilan PAD.

“Untuk menarik retribusi dari masyarakat sebagai peningkatan PAD sudah tidak boleh, kecuali hasil jerih payah kita sendiri, atau ada pihak-pihak tertentu yang memberikan secara suka rela, contohnya, kalau ada masyarakat yang kirim hasil laut, dia minta surat ke kita sebagai surat pengantar,” beber Wahidin.
Wahidin saat mengujukan warga nelayan di Kecamatan Hu'u sambil menunjukan ikan hasil penangkapan nelayan. foto ist
Selain potensi yang ada, lanjut Wahidin, ada berapa aset yang bakal dikembangkan untuk meningkatkan hasil PAD salah satunya tambak yang saat ini sedang dikuasai oleh masyarakat. “Aset lain yang dimiliki Pemda yang dikelola Perikanan yaitu tambak yang bertempat di Desa Mbawi dengan luas lebih kurang tiga heaktar,” terangnya.

Menurut Wahidin, saat ini pihaknya sedang berupaya untuk mengembangkan dengan adanya sarana penangkapan ikan berupa kapal yang dikelola Diskanlut, sehingga dinas bekerja sama dengan para nelayan. Begitu juga dengan aset yang lain seperti eksavator untuk menggali tambak.

“Kalau memang pemerintah pusat nanti bisa memberikan bantuan dengan memberikan bantuan itu untuk dikelola oleh dinas sebagai sumber PAD, kami akan mempunyai peluang untuk bertambah meningkatkan hasil PAD,” ungkap Wahidin.

Wahidin mengajak masyarakat maupun pemerintah atau instansi lain di seluruh Kabupaten Dompu untuk bersama-sama kelola laut, karena laut lebih luas dari pada daratan apalagi laut perairan di Kabupaten Dompu banyak ikan.

“Tinggal bagaimana kita mampu memanfaatkan potensi kita yang banyak ini, tidak ada lain, hanya sarana untuk menangkap ikan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia),” tandasnya.

“Jadi ilmu keterampilan kita itu, kita harus berikan, kita latih sehingga potensi perikanan bisa kita kelola secara maksimal dan juga bisa memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat dan peningkatan PAD bagi Pemda,” pungkas Wahidin. [B-10]