Dua Rekomendsai Pelanggaran Oknum ASN Kabupaten Bima telah Dikirim ke KASN

Iklan Semua Halaman

.

Dua Rekomendsai Pelanggaran Oknum ASN Kabupaten Bima telah Dikirim ke KASN

Rabu, 26 Februari 2020
Sekretariat Sentra Penegakan Hukum Terpadu Kabupaten Bima. Foto B-19/ Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima menyampaikn sinyal tegas terhadap oknum aparatur sipil negara (ASN) yang melanggar netralitas. Dua nama oknum ASN Kabupaten Bima telah dikirim Bawaslu kepada Komisi ASN, sedangkan dua nama lainnya yang merupakan pejabat masih diproses dan segera dikirim ke KASN.

“Saat ini ada empat kasus (pelanggaran netralitas) ASN yang kami tangani. Dua telah kami rekomendasikan kepada Komisi ASN, sedangkan dua lainnya masih diproses,” ujar Koordinator Devisi Hukum Bawaslu Kabupaten Bima, Abdurrahman SH di Sekretariat Sentra Penegakan Hukum Terpadu Kabupaten Bima, kemarin.

Ia mengatakan, Bawaslu Kabupaten Bima telah memperoleh keterangan atau klarifikasi dari oknum Sektretaris Dinas Dikbudpora berinisial SG yang dilaporkan tidak netral karena membawa spanduk bakal calon di sekretariat tim pemenangan bakal calon. 

“Untuk dua laporan juga telah kami tangani. Kami telah mendapatkan klarifikasi dari pejabat berinisial SG, sedangkan untuk terkait Kadis Sosial berisial S  telah kami undang klarifikasi, tapi yang bersangkutan tidak hadir,” ujar Abdurrahman.

Pasca mangkirnya oknum kepala OPD tersebut, Bawaslu Kabupaten Bima akan kembali mengirim surat undangan klarifikasi. Adapun dua kasus dugaan pelanggaran netralitas ASN yang juga diproses dan telah disampaikan kepada Komisi ASN, juga menyangkut pejabat di instansi pemerintah daerah.

“Terkait rekomendasi tersebut, kami juga masih menunggu tindaklanjut dari Komisi ASN. Karena nanti, Komisi ASN akan mengklarifikasi kami atas rekomendasi yang disampaikan,” katanya.

Berkaitan penanganan dugaan pelanggaran tersebut, Bawaslu Kabupaten Bima juga sudah mengundang dan mengklarifikasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) berkenaan tentang regulasi. [B-11]