Giat Opsgab, Sat Lantas Polres Dompu Jaring 456 Kendaraan Bermasalah dan Pelanggaran -->

Iklan Semua Halaman

.

Giat Opsgab, Sat Lantas Polres Dompu Jaring 456 Kendaraan Bermasalah dan Pelanggaran

Thursday, February 27, 2020
Kasat Lantas Polres Dompu IPTU I Wayan Sukarsana. Foto. Dok Poris Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Sebagai abdi negara yang taat akan tugas dan tanggung jawab sebagai mana yang telah diamanatkan. Sat Lantas Polres Dompu telah mensukseskan giat operasi gabungan (Opsgab) selama 12 hari dimulai tanggal 15 Februari hingga 26 Februari 2020 kemarin.

Dalam giat Opsgab kali ini, Sat Lantas berhasil menjaring sebanyak 456 kendaraan yang dinilai bermasalah dan pelanggaran baik dari roda empat (mobil) maupun roda dua (sepeda motor).

Kasat Lantas IPTU I Wayan Sukarsana, SH saat disambangi Berita11.com di ruang kerjanya, Kamis (27/2/20) pagi mengatakan, giat tersebut dilakukan adalah hajatan di seluruh Indonesia yang dilibatkan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Dompu.

“Giat Opsgab melibatkan beberapa unsur diantaranya TNI, Polri, Sat Brimob, Dispenda dan Dishub dengan jumlah anggota sebanyak 25 orang,” kata Kasat Lantas.

IPTU I Wayan Sukarsana menjelaskan, ada beberapa titik yang telah dijadwalkan dalam giat Opsgab, dalam satu titik dilakukan dua kali hingga enam kali selama selama giat itu berlangsung.

“Tempatnya di Jalan Seh Muhammad dua kali giat, Jalan Manuru Batta empat kali giat, Jalan Sultan Hasanudin enam kali giat, Jalan dr. Sutomo empat kali giat, Jalan Soekarno Hatta dua kali giat dan Jalan Bhayangkara dua kali giat,” beber Kasat Lantas.

Adapun hasil yang dicapai selama 12 hari sebanyak 456 kendaraan yang terdiri dari roda dua dan roda empat. Berikut rinciannya.

Ranmor roda empat sebanyak 29 dengan pelanggaran sabuk pengaman 15 pengemudi, pelanggaran Surat Izin Mengemudi (SIM) tiga orang pengemudi dan pelanggaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 11 orang pengemudi.

Sedangkan Ranmor roda dua sebanyak 427 dengan pelanggaran tidak menggunakan helm 139 pengendara, tanpa menggunakan SIM 90 pengendara, tanpa STNK 120 pengendara dan kelengkapan 78 pengendara. Totol keseluruhan 456.

Lewat kesempatan ini, Kasat Lantas IPTU I Wayan Sukarsana menghimbau kepada masyarakat terutama pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat untuk lebih mengutamakan keselamatan bila berlalu lintas dengan cara memperhatikan rambu-rambu lalu lintas.

Selain itu, Sukarsana juga meminta kepada masyarakat bila menggunakan kederaan roda dua baik pengendara maupun penumpang agar menggunakan helm serta mengingatkan kepada pengendara untuk melengkapi surat-surat kenderaannya.

“Buat masyarakat, diharapkan untuk taat untuk membayar pajak dan marilah kita sama-sama menyadari betapa pentingnya untuk kita selalu taat terhadap peraturan lalu lintas, hal itu demi keselamatn kita serta kenyamanan kita dalam perjalan,” pungkas Kasat Lantas [B-10]