Ini Daftar Bahasa Bima yang Masuk dalam KBBI V Kemendikbud

Iklan Semua Halaman

.

Ini Daftar Bahasa Bima yang Masuk dalam KBBI V Kemendikbud

Sabtu, 01 Februari 2020
Ilustrasi KBBI Edisi V.


Bima, Berita11.com— Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerbitkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V dalam jaringan dan bentuk aplikasi KBBI V versi 0.3.2 Beta (32). Di dalamnya juga memuat beberapa daftar kata dalam bahasa Bima.

Dalam aplikasi versi beta ini yang dapat diundur dari Playstore, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud juga menyiapkan ikon cari dan opsi atau menu kelas kata di antaranya berisi nomina, verba, adjektiva, adverbia, pronomina, partikel, numeralia, presifks dan lainnya.

Menu lainnya ragam, bidang dan bahasa. Di antaranya berisi daftar kata bahasa Bima. sejumlah bahasa Bima yang terdapat dalam KBBI V yaitu barvas, dae, dou matua, kalempe owa, lala, lampu peta, palubutung, paruga, rimpu, ruma, dan saraba.

La.la dijelaskan sebagai turunan malala. Yaitu gelar bangsawan perempuan suku Bima (Mbojo) yang masih gadis, sedangkan Dae (Bm), gelar untuk bangsawan perempuan suku Bima yang sudah menikah. [RD]