Inspektorat Temukan 19 Item Penggelapan Anggaran Desa Rababaka, LHP Siap Dilimpahkan -->

Iklan Semua Halaman

.

Inspektorat Temukan 19 Item Penggelapan Anggaran Desa Rababaka, LHP Siap Dilimpahkan

Monday, February 10, 2020

Inpspektur Pembantu Wilayah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Irban II) Inspektorat Kabupaten Dompu, Ir. Suprapto. Foto Poris Berita11.com
Dompu, Berita11.com - Sedikitnya 54 item yang dilaporkan warga Desa Rababaka Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB atas dugaan penggelapan anggaran atau Alokasi Dana Desa (ADD) dilakukan Kepala Desa setempat yakni Tri Sutrisno hanya 19 item yang ditemukan dalam kerugian negara berdasarkan hasil investigasi Inspektorat.

Hal itu dibeberkan Inpspektur Pembantu Wilayah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Irban II) Inspektorat Kabupaten Dompu, Ir. Suprapto saat ditemui Berita11.com di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020) siang sekira pukul 14.30 Wita.

Menurut Suprapto, berkas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dipastikan sudah selesai dan siap untuk dilimpahkan atau diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu, hanya saja, saat ini masih menunggu penandatanganan dari Inspektur Inspektorat.

Namun dari 19 item hasil temuan itu, Suprapto kembali menerangkan, tidak menutup kemungkinan akan bertambah meningkat dugaan penyelewengan ADD, hal itu, jika pihak Kejari meminta Inspektorat untuk menghitung dan melakukan investigasi kembali dari sejumlah temuan tersebut.

“Kegiatan investigasi sudah final dan LHP nya segera dilimpahkan ke APH (Kejari). Tadi pagi kami sudah masukan berkasnya ke meja Inspektur, Insya Allah besok pagi sudah ditandatangani,” terang Suprapto.

“Setelah kami serahkan dokumen ini ke pihak Kejaksaan nanti, dari 19 item itu tergantung dari Kejaksaan, kalau pihak kejaksaan lanjut, tentu Kejaksaan meminta kami untuk melakukan perhitungan kembali atas kerugian negara hasil temuan itu, dan bisa saja lebih dari 19 item itu nanti,” sambung Suprapto.
 
Kepala Seksi Pidana khusus (Kasi Pidsus) Kejari Dompu, Muh. Isa Ansyori, SH. Foto Poris Berita11.com
Sebelumnya, Kepala Seksi Pidana khusus (Kasi Pidsus) Kejari Dompu, Muh. Isa Ansyori, SH disambangi di ruang kerjanya mengatakan, hingga pada saat ini pihaknya masih menunggu hasil LHP dari inspektorat, Namun informasi terakhir yang diperoleh pekan lalu, pihak inspektorat akan menyerahkan LHP pekan ini.  

“Hingga saat ini kami masih menunggu hasil audit dari Inspektorat, namun informasi terakhir kami peroleh, Minggu ini mau diserahkan oleh Inspektorat,” kata Kasi Pidsus.

Menurut Ansyori, sasaran terbesar dugaan penyelewengan ADD telah ditemukan oleh pihak Inspektorat, hal itu disampaikan pihak Inspektorat terhadap dirinya secara lisan beberapa hari lalu.

“Mereka juga (Inspektorat, red) berjanji akan menyerahkan hasil audit itu dalam Minggu ini, dan jika nanti telah diserahkan berkasnya akan mengundang teman-teman wartawan untuk gelar jumpa pers,” tutur Ansyori.  [RIS]