Melawan dan Berupaya Kabur, Pelaku Curanmor Dihadiahi Timah Panas

Iklan Semua Halaman

.

Melawan dan Berupaya Kabur, Pelaku Curanmor Dihadiahi Timah Panas

Selasa, 25 Februari 2020
Pelaku Pencuria Sepeda Motor Dilumpuhkan dengan Timah Panas karena Melawan Petugas saat Hendak Ditangkap.


Bima, Berita11.com— Tim Opsnal Kepolisian Resor (Polres) Bima terpaksa melepas tembakan untuk melumpuhkan Faisal Tanjung alias Dika (24 tahun), pelaku pencurian sepeda motor saat upaya penangkapan di persawahan Desa Donggobolo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Senin (24/2/2020) sore.

Saat hendak ditangkap Tim Opsnal yang dipimpin Aipda Gatot Wahyuddin S.Sos, pemuda asal RT 002 Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima itu berupaya mengayungkan sebilah parang ke arah anggota. Anggota Opsnal kemudian mengeluarkan tembakan peringatan ke atas agar pelaku tidak melawan dan menyuruh membuang parang. Namun peringatan petugas tidak diindahkan pelaku.

Hingga tembakan peringatan kedua ke atas hingga beberapa kali, pelaku tidak menggubris. Pelaku malah berbalik arah dan berupaya melarikan diri. Melihat gelagat tidak bersahabat, petugas terpaksa melepaskan tembakan ke arah kaki pelaku.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Bima, IPTU Adhar S.Sos menjelaskan, setelah dilumpukan dengan timah panas, pelaku kemudian dibawa ke RSUD Bima untuk mendapat penanganan medis.

Dari hasil penangkapan, petugas kepolisian mengamankan barang bukti sepeda motor hasil curian dan sebilah parang yang digunakan melawan petugas.

Faisal Tanjung alias Dika adalah terduga pelaku pencurian sepeda motor merek Yamah Mio IM3 milik Siti Sartika (55 tahun), warga RT 005 Dusun Suka Maju, Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Peristiwa pencurian kendaraan bermotor milik korban terjadi di samping kantor Pemkab Bima di Dusun Godo, Desa Dadibou, Woha, ketika pelaksanaan pelantikan kepala desa hasil Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Bima, pada 27 Januari 2020 lalu sekira pukul 10.00 Wita.

Tindak pidana pencurian yang dilakukan terduga pelaku sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHP.

“Korban menyimpan/ memarkirkan sepeda motornya di samping kantor Pemkab Bima. Setelah selesai acara pelantikan sekitar pukul 10.00 Wita korban kembali melihat sepeda motor sebelumnya diparkir di samping kantor, namun sepeda motor tersebut sudah tidak ada atau hilang,” jelas Kasat Reksrim.

Penangkapan terhadap Faisal Tanjung alias Dika dilakukan Tim Opsnal Polres Bima berdasarkan keterangan dua tersangka masing-masing Abimayu alias Bima dan Hendra yang telah lebih dulu ditangkap dan menjalani proses penyidikan oleh Reskrim Polsek Woha Polres Bima. sesuai keterangan kedua tersangka tersebut, bahwa yang mencuri sepeda motor merek Yamaha Mio milik korban adalah Faisal Tanjung alias Dika.

Barang Bukti Parang yang Digunakan Pelaku Curanmor untuk Melwan Petugas yang Hendak Menangkap.

Dari hasil keterangan tersebut, anggota Opsnal Satuan Reskrim Polres Bima melakukan penyelidikan berkaitan keberadaan pelaku, hingga diperoleh informasi pelaku sedang berada di gubuk persawahan Desa Donggobolo, hingga akhirnya dilumpuhkan saat melawan dan hendak melarikan diri.

Kasat Reskrim menambahkan, sebelumnya, pelaku pencurian sepeda motor tersebut datang ke kantor Pemkab Bima dengan niat mencuri sepeda motor. Pelaku melihat salah satu sepeda motor diparkir bukan di tempat parkir. Karena niat dan kesempatan mencuri, pelaku mencuri salah satu sepeda motor yaitu sepeda motor korban.

Pelaku mencuri sepeda motor milik korban dengan cara memasukan tangannya di bawah bungkus (body) sepeda motor, kemudia pelaku tersebut membakar kabel kontak. Setelah kabel kontak meleleh, lalu diputus dan disambung kembali, sehingga sepeda motor berhasil dibawa kabur oleh pelaku. [B-11]