Melejit ke Ranking 1 Sinta STKIP TSB, Adi Apriadi Tuai Pujian

Iklan Semua Halaman

.

Melejit ke Ranking 1 Sinta STKIP TSB, Adi Apriadi Tuai Pujian

Jumat, 07 Februari 2020
Dosen Muda STKIP Taman Siswa Bima, Adi Apriadi M.Pd. Foto Ist.

Bima, Berita11.com— Dosen muda Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, Adi Apriadi Ardiansyah M.Pd berhasil melejitkan namanya ke ranking pertama, Science and Technology Index (Sinta) STKIP Taman Siswa.

Informasi yang mengejutkan banyak dosen lingkup kampus merah di grup whatsapp (WAG) itu mendapat beragam respon positif. Respon bangga langsung dilontarkan Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si.

Jurnal merupakan salah satu wadah penting bagi peneliti dan mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Dr Ibnu Khaldun langsung menyampaikan ucapan selamat pada lulusan UNJ itu. Ketua STKIP Taman Siswa dan yayasan menemukan keseriusan pada sosok Adi Apriadi.
“Selamat untuk Adi Apriadi, lulusan Tamsis, sengaja kampus (biayai) S2-kan untuk bangun jejaring dengan UNJ, karena dosen dosen (STKIP) Tamsis Bima jarang yang lulusan Jakarta,” katanya, Kamis (6/2/2020).

Kedekatan Ibnu dengan Adi Apriadi tidak hanya sebatas ruang kerja. Tetapi, aktifitas keseharian pria yang belum memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya itu, juga mampu dipantaunya.

“Jomblo muda pekerja keras ini, rerata tidur di atas pukul 01dini hari, hanya 3-4 jam tidur sehari, waktunya dihabiskan depan laptop,” pujinya.

Menurut Ibnu, dosen muda Adi Apriadi, sejak kecil tanpa bimbingan sosok bapak. Hidupnya hanya berjuang untuk dua hal. membahagiakan ibunya dan melengkapi ibadah serta ketemu tulang rusuk.

“Senang dosen dosen muda berlari, berkarya, jaga kesehatan, bangun kesadaran masa depan, taqwa,” nasehatnya.

Tidak hanya orang nomor satu di lembaga STKIP Taman Siswa, Sekretaris Prodi PGSD, Ady Irawan M.H juga menyampaikan apresiasi.

Sosok yang telah saling kenal sejak di bangku SMA itu, menilai Adi Apriadi mampu menjadi inspirasi. “Alhamdulillah. Luar biasa sohib Adi Apriadi. Semoga selalu menjadi inspirasi bagi adek adek alumni (STKIP) Tamsis (Bima) dan bagi kita semua. Amin,” harapnya.

Peneliti senior STKIP Tamsis Bima, Endang Susilawati M.Pd juga turut berkomentar. “Keren Pak Adi, semangat berkarir semoga bs kami contohi," responnya melalui medsos.

Mendapatkan banyak pujian, dari ketua lembaga kampus dan sejumlah dosen senior, tidak membuat Adi Apriadi merasa di atas angin. Lulusan UNJ ini mengaku masih membutuhkan banyak waktu dan karya hingga layak menerima pujian. Kendati demikian, ia mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan pujian yang disampaikan para dosen senior.

“Ini merupakan cambukan agar saya terus berjalan. Berkarya dan mengabdi untuk kampus tercinta. Rasa terima kasih adalah kepada Ketua STKIP Tamsis Bima, yayasan dan juga dewan pembina,” ungkapnya.

Asriyadin M.Pd yang juga pengelola jurnal kampus, mengirim gambar urutan terbaru Sinta STKIP TSB. Ranking pertama diraih oleh Adi Apriadi A, disusul Asriyadin, Fitria Sarnita, Agustinasari, Endang Susilawati, Nunung Fatimah, Ita Fitriati, dan Arif Rahman.

Urutan tersebut merupakan versi terbaru dari 3 year score, sedangkan sebelumnya,  Zuriatin yang menduduki peringkat pertama. Perubahan peringkat karena sistem Sinta mengevaluasi capaian penulisan jurnal per tiga tahun. Sinta merupakan portal ilmiah dalam jaringan  yang dikelola Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.  Indikator perangkingan adalah jumlah dan index dari artikel ilmiah yang dipublikasi. [RD]