Polemik Pelayanan BPJS, AMM Bakal Audensi dengan Pihak RSUD Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Polemik Pelayanan BPJS, AMM Bakal Audensi dengan Pihak RSUD Dompu

Rabu, 05 Februari 2020
Penanggungjawab AMM Aruji, SH saat menyerahkan surat pemberitahuan audensi kepada salah satu staf Humas RSUD Bambang. Foto Poris Berita11.com
Dompu, Berita11.com - Permasalahan yang terjadi soal hak rawat pasien dari Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) baik di media sosial maupun pemberitaan media online menyita perhatian publik maupun kalangan masyarakat pada umumnya.

Untuk itu, Aliansi Masyarakat Menggugat (AMM) bersurat ke pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu untuk melakukan audensi besok pada Kamis (6/2/20) di aula RSUD setempat.

Penanggung jawab AMM Aruji, SH kepada Berita11.com mengatakan, Kegiatan audensi besok adalah berkaitan dengan peraturan perundang-undangan Nomor 40 Tahun 2004 tentang sistim jaminan sosial. Kemudian, Peraturan Pemerintah sampai Peraturan Kementerian Kesehatan RI tentang urun biaya dan selisih biaya dalam program jaminan kesehatan.

"Besok, tentu kami sudah menyampaikan beberapa poin yang perlu dibahas, berdasarkan yang tertuang dalam surat itu, dan kami persilahkan siapapun yang ingin mengikuti proses ataupun kegiatan audiensi besok," ujar Aruji.

Menurut Aruji, mengacu dalam perjanjian kerja sama antara rumah sakit dengan BPJS sebagai mana yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 di pasal 60 tentang BPJS sejak tanggal 1 Januari 2014 segala tugas dan wewenang PT Askes (Persero) beralih ke BPJS kesehatan sesuai peraturan presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang jaminan kesehatan.

"Pihak BPJS yang memberikan jaminan sosial terhadap pasien agar melakukan atau memanggil pihak rumah sakit untuk dilakukan evaluasi secara sistematis, terutama masalah menajemen pelayanan, karena adanya beberapa persoalan yang terjadi diduga kelalaian pada sistem menajemen pelayanan RSUD," pungkas pria lulusan akademi STIH Muhammadiyah Bima ini. [RIS]