Potensi Kacang Tanah di Wera Bagus, tapi Luput Perhatian Pemda -->

Iklan Semua Halaman

.

Potensi Kacang Tanah di Wera Bagus, tapi Luput Perhatian Pemda

Sunday, February 23, 2020
Tanaman kacang di wilayah Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Foto ist
Bima, Berita11.com - Kecamatan Wera Kabupaten Bima merupakan salah satu wilayah yang mayoritasnya petani dan penghasilan kacang tanah terbesar di Nusa Tenggara Barat.

Namun, hingga saat ini, potensi yang cukup berpeluang besar bagi warga setempat itu luput dari perhatian khusus dari pemerintah, baik Pemerintah Daerah (Pemda) maupun Provinsi.

Hal itu dibeberkan seorang pemuda Caca Handika yang juga putra dari salah satu petani kacang di daerah setempat, Minggu (23/2/2020) pagi.

Menurut pria yang juga ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu ini, hal itu dikarnakan pemerinrah tidak memiliki inisiatif untuk menyediakan bibitnya, bahkan tidak pernah masuk dalam pembahasan pemerintah.

"Padahal kacang adalah salah satu komoditi andalan di Kabupaten Bima, sangat disayangkan pemerintah buta atau tidak mau melirik terkait dengan pengadaan bibit kacang seperti di Kecamatan Wera," nyesal Caca.
Tanaman kacang. Foto ist
Caca berpendapat, pemerintah hanya memandang dan fokus pada tanaman tumpang sari lainnya seperti Jagung maupun Bawang. Padahal, 80 % warga tani setempat membudidaya tanaman kacang dan jika dikembangkan, kancang lebih jauh penghasilan dari pada tanaman lainnya dan itu dapat mendongkrak perekonomian warga setempat.

"Kami menilai, pemerintah selalu diskriminatif terhadap petani kacang khusus di Kecamatan Wera, karna kami melihat petani jagung dan bawang selalu disupport dengan menyediakan bibit dan bantuan obat-obatan," tudingnya.

Selain itu, Caca menambahkan, kacang juga adalah salah satu penghasilan yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Saerah (PAD). Hal itu yang sangat disayangkan, Caca tuding, petani kacang juga harus diperlakukan yang sama dengan petani lainnya.

Untuk itu, Caca berharap terhadap pemerintah, agar merespon dan bisa melirik khusus para petani kacang di Kabupaten Bima lebih khusus di Kecamatan Wera.

"Kami sebagai masyarakat Wera sangat berharap kepada pemerintah, baik daerah maupun provinsi agar dijadikan atensi khusus apa yang menjadi aspirasi masyatakan Wera pada umumnya dan kami sangat berharap agar pemerintah memberikan support dengan menyediakan bibitnya," harap Caca. [RIS]