SMAN 2 Woha Sambut Positif Kegiatan PKM Menggunakan CBT

Iklan Semua Halaman

.

SMAN 2 Woha Sambut Positif Kegiatan PKM Menggunakan CBT

Senin, 03 Februari 2020
Pelatihan Penyusunan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT yang Dilaksanakan PKM STKIP Taman Siswa Bima di SMAN 2 Woha, Kabupaten Bima, Senin (3/2/2020).


Bima, Berita11.com— Pelatihan penyusunan evaluasi pembelajaran menggunakan computer based test (CBT) digelar di SMAN 2 Woha, Kabupaten Bima, Senin (3/2/2020). Kegiatan tersebut merupakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan STKIP Taman Siswa Bima.

Kegiatan merupakan bagian dari upaya meningkatkan literasi digital. Setidaknya, lebih kurang 50 guru terlibat dalam pelatihan yang dimentori oleh Ita Fitriati, S.Kom., M.T, Endang Susilawati, M.Pd dan Agustinasari, M.Pd.

Kepala SMAN 2 Woha Muhammad, M.M mengapresiasi pelatihan untuk meningkatkan kapasitas guru tersebut. Dirinya berharap, kegiatan tidak menjadi yang pertama dan terakhir, tapi berkelanjutan.

“Terima kasih sudah datang. Semoga materi bisa diserap dengan maksimal oleh guru-guru. Kami berharap agar STKIP Tamsis Bima bisa membuatkan MoU (nota kesepahaman). Tidak hanya kali ini, tapi juga berkelanjutan,” ujar Muhammad.

Dia memuji program kampus merah. Karena memberi dorongan positif pada sekolah yang dipimpinnya. “Alhamdulillah, yang PPL maupun penelitian di SMAN 2 Woha, selalu taat pada aturan, sehingga kami selalu senang menerima tamu, peneliti maupun berkegiatan bersama dengan STKIP Tamsis Bima,” pujinya.

Menurutnya, kegiatan perlu dan penting, karena sistem pembelajaran tidak lagi seperti yang lama, manual. Namun mengikuti perkembangan peradaban dan transisi cara pandang ke arah digital, sehingga perlu ditingkatkan melalui pelatihan, sebagai upaya menguatkan literasi digital.

“Semua sudah serba pakai komputer. Kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk evaluasi pembelajaran. Apa-apa kan sekarang sudah pakai komputer,” katanya.

Ramli M.Pd yang mewakili Ketua STKIP Tamsis Bima menjelaskan tentang capaian kampus merah. Menyikapi permintaan MoU dari pihak SMA N 2 Woha, pihaknya bersedia dan akan menyampaikan kabar baik itu ke pimpinan.

Untuk perjanjian kerjasama, lanjut Ramli, pihak kampus merah telah meneken kerja sama dengan tiga kampus internasional. Yaitu, dengan kampus di Malaysia dan dua kampus di Filipina.

“STKIP Tamsis Bima membuktikan pengabdiannya pada masyarakat. Tidak hanya di SMAN 2 Woha, tapi juga ke beberapa sekolah. Misalnya, di MAN 1 Bolo, penulisan ilmiah dan SMA Kae adalah school camp. Kaitan dengan MoU, lagi-lagi kami membuktikan pergerakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, seperti dua bulan lalu, pihaknya sudah membangun kerja sama dengan satu kampus Malaysia dan dua kampus di Filipina. Selain itu, sudah membangun Kantor Urusan Internasional (KUI).  “Kami berharap ini bukan proses bersama satu-satunya. Tapi akan berkelanjutan. Kami berharap kerja sama tetap terjalin dalam program kontributif ke depannya,” harapnya.

Pelatihan penyusunan evaluasi pembelajaran menggunakan computer based test berlangsung lancar. Setidaknya, lebih kurang 50 guru mengikuti pelatihan menggunakan komputer dan gawai canggih (smartphone) masing masing. Materi yang dibagikan tim PKM hibah internal STKIP Taman Siswa Bima tentang penggunaan computer based test dengan menggunakan google form, quizizzi, dan thatquiz.

Kegiatan tidak hanya berupa pelatihan, pihak tim PKM berharap segera diterapkan ke siswa. PKM, meminta respon dan tanggapan dari para peserta pelatihan mengisi google form. [RD]