Tinggal “Restu” Gubernur, Disnaker dan Bagian OPA Siapkan Perwali Pembentukan BLK Kota Bima

Iklan Semua Halaman

.

Tinggal “Restu” Gubernur, Disnaker dan Bagian OPA Siapkan Perwali Pembentukan BLK Kota Bima

Selasa, 11 Februari 2020
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Abdillah SH. Foto US/ Berita11.com.


Kota Bima, Berita11.com— Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mewujudkan 1.000 lapangan kerja sebagaimana visi-misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima, secara bertahap mulai terwujud. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima sudah menyodorkan usulan kepada Pemrov. NTB pembentukan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Bima dan tinggal menunggu tanda tangan Gubernur NTB.

“Kita akan akan membentuk balai latihan kerja. Selama ini setelah pembentukan BLK Kota Bima, insya Allah tahun ini. Alhamdulillah rekomendasi Gubernur NTB sudah masuk ke meja beliau. Tinggal ditanda tangani beliau dan adanya rekomendasi belaiu, kami akan membentuk BLK,” kata Kepala Disnaker Kota Bima, Abdillah S.Sos di Kota Bima, Senin (10/2/2020).

Diisyaratkannya, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Bagian OPA Setda Kota Bima membuat Perwali pembentukan BLK. Selama ini Pemkot Bima telah berupa Pemkab Bima agar menyerahkan BLK Kabupaten Bima yang berlokasi di Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota, Kota Bima. namun upaya lobi-lobi itu belum membuahkan hasil.

“Kami selama ini juga sudah melobi di Pemerintah Kabupaten Bima agar menyerahkan BLK yang ada di Kota Bima, namun sampai sekarang belum ada realisasinya. Daripada kami menunggu di sana, kami akan membentuk sendiri BLK di Kota Bima,” katanya.

Sesuai rencana, BLK Kota Bima berada satu kompleks dengan kantor Disnaker Kota Bima di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Raba Kota Bima. “Kami di Disnaker sama-sama jalan, Disnaker jalan, Perwali jalan dan proposal jalan melakukan lobi-lobi di pusat untuk mendapatkan anggaran, meminta bantuan dalam rangka kita membina anak-anak pengangguran di Kota Bima ini, supaya mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak,” katanya.

Menurut Abdillah, dengan adanya BLK di Kota Bima, maka secara otomatis penyediaan tenaga tenaga kerja terampil bersertifikat akan terwujud. “Mudah-mudahan pemerintah pusat memberi bantuan untuk melatih penganggur yang ada di Kota Bima. nanti ada menjahitnya, ada bengkelnya, ada membuat jajan, ada service AC, ada service listrik,” katanya.

Sebagaimana yang menjadi pelayanan BLK Provinsi NTB, Abdillah optimistis output BLK Kota Bima jika kelak terbentuk akan dibutuhkan penyedia lowongan kerja. Selain itu, alumni BLK bisa membuka lapangan kerja baru dengan modal keterlampilan yang diperoleh. [RD]