178 Jemaah Tabligh Balik dari Makassar, Satu Warga Dompu Suspect Covid-19

Iklan Semua Halaman

.

178 Jemaah Tabligh Balik dari Makassar, Satu Warga Dompu Suspect Covid-19

Jumat, 27 Maret 2020
Detik-detik evakuasi pasien yang diduga suspect virus Corona di Pelabuhan Bima. Foto ist

Bima, Berita11.com - Sebanyak 178 Jemaah Tabligh yang balik dari Makassar yang terdiri dari empat daerah masing-masing dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan Sumbawa tiba di pelabuhan Bima pada Kamis (26/3/20) malam, sekira pukul 23.30 Wita.

Namun satu orang diantaranya yang merupakan warga asal Kabupaten Dompu diduga suspect terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas, H Azhari saat menjemput Jemaah Tabligh di Pelabuhan Bima tadi malam.

Azhari mengungkapkan, saat di dalam kapal, pasien yang diduga suspect warga asal Kabupaten Dompu tersebut diisolasi di ruangan khusus. Sementara satu orang lainnya hanya mengalami sakit malaria yang merupakan warga Kabupaten Bima.

“Perawatan untuk yang suspect nanti saat tiba di pelabuhan, akan segera dilarikan ke RSUD Bima untuk diisolasi,” katanya saat di pelabuhan Bima sembari menunggu kapal tiba.

Ia kembali menjelaskan, bukan hanya Jemaah Tabligh saja yang menumpangi kapal tersebut akan tetapi ada penumpang lain dengan total keseluruhannya ada 604 penumpang.

"Jumlah ini terkonfirmasi karena laporan dari KKP Labuhan Bajo dan KKP Pelabuhan Bima. Karena tadi kapal tersebut mampir di Labuan Bajo dan dilakukan pemeriksaan,” ungkap Azhari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Berita11.com melalui salah seorang yang juga satu rombongan dalam kapal yakni Agus Setiawan alias Egon warga Rabakodo-Bima via telpon seluler, Jumat (27/3) siang ini, bahwa pasien tersebut sedang dirawat di RSUD Bima.

"Pasien asal Kabupaten Dompu saat ini sedang dirawat di RSUD Bima guna diambil spesimen dari dinding belakang hidung dan mulutnya yang nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa," paparnya. [B-10]