Aksi Blokade Jalan Negara Menuntut Pembebasan Sopir di Dompu Dibuka Paksa Aparat Keamanan

Iklan Semua Halaman

.

Aksi Blokade Jalan Negara Menuntut Pembebasan Sopir di Dompu Dibuka Paksa Aparat Keamanan

Kamis, 19 Maret 2020
Aksi Blokade Jalan Lintas Sumbawa-Bima di Desa Tekasire, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Kamis (19/3/2020).

Dompu, Berita11.com— Masyarakat memblokade Jalan Negara Lintas Sumbawa-Bima di Dusun Jatibaru Desa Tekasire, Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Kamis (19/3/2020) pagi hingga siang. Massa menuntut pembebasan Syafruddin, sopir asal desa setempat yang ditahan pihak kepolisin dibebaskan.

Dalam aksinya massa menutup ruas jalan menggunakan kayu, batu dan bale-bale. Aksi dipicu perkelahian yang terjadi pada Rabu sore, 18 Maret 2020. Perkelahian terjadi antara Syafruddin dengan Andre  (24 tahun), warga Dusun Kabuntu, Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu yang mengakibatkan keduanya mengalami luka bacok pada tangan bagian jari dan bagian telapak kaki.

Menyikapi aksi massa, Babinsa setempat dan aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Manggelewa yang dipimpin Kapolsek setempat, IPTU Ramil SH mengamankan situasi di TKP.

Kapolsek Manggelewa IPTU Ramli SH mengimbau  warga agar tidak anarkis yang dapat mengganggu kepentingan umum. Karena blokade jalan yang dilakukan massa menghambat perjalanan pengendara dan kepentingan orang banyak.

“Terkait permasalahan tadi malam sudah ditangani langsung di Polres (Dompu). kami mengimbau  agar permasalahan ini diserahkan kepada aparat penegak hukum,” imbaunya.



Menjelang siang, Camat Manggelewa Drs Ismail dan anggota Muspika bersama Babinsa setempat, Serma Syafrifuddin berupaya memediasi massa. Namun massa bersikukuh akan melakukan aksi blokade jalan hingga Syafruddin dilepas. Selain itu, massa memaksa agar Kapolres Dompu ke lokasi kejadian.

Tak lama personil Dalmas Polres Dompu bersama satu unit water canon dikerahkan ke lokasi.  Aparat keamanan yang dipimpin Kapolsek Manggelewa dan Danramil 1614-06/ Manggelewa Kapten Inf Mujiono membuka paksa blokade jalan hingga  arus lalin lalu lintas di lokasi kembali lancar. [B-11]