Aliansi Pemuda Desa Kadindi Bersinergi dengan Forkopimkec Pekat Tanam 2000 Pohon -->

Iklan Semua Halaman

.

Aliansi Pemuda Desa Kadindi Bersinergi dengan Forkopimkec Pekat Tanam 2000 Pohon

Sunday, March 8, 2020
Kapolsek, Danramil, Camat dan Kepala Desa Mandi Kecamatan Pekat saat di lokasi penanaman bibit pohon di sekitar Dam Kadindi. Foto ist.

Dompu, Berita11.com - Pemuda Karang Taruna dan sejumlah aliansi pemuda Desa Kadindi bersinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu melaksanakan penanaman bibit pohon sebanyak 2000, Minggu (8/3/2020).

Kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda karang taruna desa Kadindi dan sejumlah pemuda desa setempat itu melakukan penghijauan di sekitar mata air Dam Kadindi dari mulai pagi hingga siang, sekira pukul 08.30 Wita hingga 11.15 Wita.

Kepala Desa setempat Doriwanto Amd, yang memimpin langsung giat tersebut sebagai mana yang dilansir Blogspot geryliaAdventure menyebutkan, kegiatan penghijauan itu atas inisiatif pemuda karang taruna yang  dilibatkan seluruh unsur Forkopim Kecamatan Pekat.

"Kegiatan ini memang inisiatif dari aliansi pemuda dan Karang Taruna Desa Kadindi, yang melibatkan kami selaku Pemdes sendiri, jajaran Koramil, Polsek, Pemerintah Kecamatan, Komppak, Saka Bahari Pos AL, beserta siswa pelajar dari Ponpes MA" ungkap Kades.
Lokasi tempat penanaman bibit pohon di Dam Kadindi. Foto ist

Diharapkan pada kegiatan positif itu, lanjut Kades, selain memberikan edukasi terhdap pelajar dan masyarakat juga sebagai wadah silaturahmi dan menumbuhkan rasa peduli lingkungan masyarakat lingkar gunung Kadindi.

"Dengan giat ini khususnya masyarakat kami sendiri dapat bernilai ibadah dan mempunyai manfaat bagi masyarakat Kadindi tentunya," pungkas Kades.

Masih dilansir dari Blogspot geryliaAdventure pada kesempatan yang sama, ketua panitia pelaksana kegiatan, Hairul Anwar menyebutkan, gunung Kadindi merupakan sumber mata air warga yang meliputi enam desa yang ada disekelilingnya.

"Gunung Kadindi memiliki peran yang sangat penting terhadap keberlangsungan mata air di sekitar gunung kadindi dan enam desa lingkar gunung kadindi, untuk itu, pepohonan yang merupakan penyanggah air harus dirawat dan dijaga," kata Hairul Anwar.

Anwar menerangkan, kegiatan itu dilibatkan beberapa unsur dengan jumalh kurang lebih 500 orang dan bibit yang ditanam ada beberapa jenis pohon diantaranya, Kemiri, Sengon, Mahoni, dan Beringin.
Penanaman bibit pohon sedang berlangsung. Foto ist

Pasca penanam dilakukan, kata dia, diharapkan agar semua unsur agar bisa menjaga dan pengawasan secara bersama sehingga ada perawatan lanjutan.

"Tentunya ada yang menjaganya, agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, tentunya dengan peran bersama dengan stakeholder di Kadindi sendiri umumnya masyarakat Pekat," pungkasnya.

Sementara, Kapolsek Pekat IPTU Yoseph Subang Tukan, SH kepada Berita11.com menyampaikan, giat dalam rangka mengikuti penanaman pohon itu adalah bagian dari bentu kepedulian Polri untuk menghijaukan lingkungan agar bebas polusi. Selain itu sebagai upaya penangulangan bencana alam.

"Mudah-mudahan, kedepan pohon yang ditanam ini dapat memeberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Pekat, baik terhadap lingkungan hidup agar masyarakat bisa hidup sejahtera dalam keadaan damai," ujar Kapolsek Pekat. [B-10]