Cegah Covid-19, Polres Dompu Semprot Disinfektan

Iklan Semua Halaman

.

Cegah Covid-19, Polres Dompu Semprot Disinfektan

Kamis, 19 Maret 2020
Kapolres Dompu beserta jajarannya dan Sejumlah Petugas dari Dinas Kesehatan saat menyemprot di TK Polres setempat. Foto Poris Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Polres Dompu menyemprot disinfektan secara merata, hingga ke saluran ruangan baik di dalam maupun di luar kantor sebagai langkah pencegahan wabah penyakit virus Corona atau Covid 19, Kamis (19/3/2020). Kegiatan itu dilakukan dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK didampingi Waka Polres KomPol, I Nyoman Adi Kurniawan, SH mengatakan, fogging tersebut diharapkan dapat mencegah penyebaran wabah penyakit virus Corona untuk para anggota dan jajaran Pejabat Utama (PJU) Polres setempat terutama para pengunjung.

"Iya, kami menyemprotkan disinfektan ke tempat-tempat sarana dan prasarana yang diduga menjadi tempat perantara virus Covid 19, seperti di tempat TK, tempat belajar anak-anak, di ruangan Lantas, pembuatan SIM, Sarpras, pembuatan SKCK, di ruang Reskrim, pokoknya di mana masyarakat itu datang dan berkumpul," jelas Kapolres.

"Kita perlu menjaga kebersihan terutama diri kita, lingkungan kita, lebih-lebih kantor kita, untuk mencegah penyakit Covid 19," sambung Kapolres.

Ia menjelaskan, meskipun virus yang dikatakan cukup berbahaya ini khususnya di Kabupaten Dompu belum dikatakan daerah yang termasuk terjangkit virus Corona.

Namun sebelumnya, Polres Dompu terlebih dahulu melakukan pencegahan dengan cara menyadari masyarakat dan melakukan pembersihan tempat umum bersama jajaran Kodim 1614/Dompu dan instansi-instansi terkait untuk melakukan pembersihan pasar dan tempat-tempat keramaian lainnya yang diduga menjadi perantara virus Covid 19.
Petugas dari Dinas Kesehatan saat menyemprot di tempat permainan anak-anak TK. Foto Poris Berita11.com

"Kami dari polres sudah mendahului menyadarkan masyarakat meskipun kita bukan daerah endemik atau daerah penyebaran penyakit Covid 19 tetapi paling tidak kita sudah mengantisipasi penyebaran virus tersebut," beber Syarif Hidayat.

Karena wilayah tetangga yakni provinsi Nusa Tenggara Timur diduga sudah terjangkit virus Covid 19, Syarif berpendapat, jangan sampai NTB lebih khusus daerah Kabupaten Dompu lengah. Karena, menurut dia, virus tersebut adalah virus mematikan.

Dikatakannya, melihat perkembangan virus Covid 19 di seluruh dunia, ia memastikan khusus di dompu belum ada virus tersebut, untuk itu, Kapolres Dompu menghimbau terhadap masyarakat khususnya Kabupaten Dompu untuk tidak terlalu panik.

"Dompu belum ada pasien yang diduga terjangkit Covid 19, maka, saya menghimbau, apabila ada isu atau informasi bahwa orang itu diduga terjangkit virus Covid 19 serahkan saja ke instansi terkait, jangan menyebarkan informasi yang nggak benar adanya," imbuhnya.

"Mari kita menjaga kebersihan, bukan hanya putagas atau pemerintah dan instansi saja, tetapi setiap individu masyarakat wajib menjaga kebersihan baik dirinya maupun lingkungan," pungkas Kapolres. [B-10]