Cekal Covid-19, Satbinmas Polres Dompu kembali Sosialisasi Keliling Kota Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Cekal Covid-19, Satbinmas Polres Dompu kembali Sosialisasi Keliling Kota Dompu

Senin, 23 Maret 2020
Satbinmas Polres Dompu saat membacakan surat permaklumat Kapolri saat di depan Bolly. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Menindak lanjuti permaklumat dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis dengan nomor Mak/2/lll/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19) pada tanggal 19 Maret 2020.

Anggota Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Dompu kembali melakukan sosialisasi keliling tentang cegah dan tangkal (Cekal) virus tersebut, Senin (23/3/20) pagi, sekira pukul 09.00 Wita hingga siang.

Giat tersebut dipimpin Kaur Bin Ops (KBO) AIPTU Agus Waluyo dengan menggunakan mobil Polres Dompu, mengelilingi Kota Dompu dengan rute start dari Polres Dompu menuju Pasar Dompu, menuju Bolly kemudian dilanjutkan ke Terminal dan Pasar Ginte, dilanjutkan di Pasar Wodi Kecamatan Woja.

"Terkait wabah virus Corona atau Covid-19 diharapkan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu untuk tetap menjaga kebersihan, dan membuang sampah pada tempatnya. Mohon kiranya jangan terlalu panik dengan keadaan ini," imbuh AIPTU Agus Waluyo.

Tiba di depan Bolly, Pasar dan Terminal Ginte serta Pasar Wodi, KBO AIPTU Agus Waluyo membacakan beberapa poin permaklumat yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Dalam surat permaklumat tersebut bahwa tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

Di antaranya pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lainnya yang sejenis. Kemudian, kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazaar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga.

Kemudian, kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan, unjuk rasa, pawai, dan karnaval serta kegiatan lainnya yang menjadikan berkumpulnya massa.

Selain itu, tetap tenang dan tidak panik, serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Selanjutnya, apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan.

Di samping itu, tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, dan apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya dapat menghubungi kepolisian setempat. [B-10]