Gelar Rakor, Kapolres Bima Kota Bima Ingatkan Pengecekan Stok Sembako dan APD

Iklan Semua Halaman

.

Gelar Rakor, Kapolres Bima Kota Bima Ingatkan Pengecekan Stok Sembako dan APD

Senin, 23 Maret 2020
Suasana Rapat Koordinasi Antisipasi Penyebaran Virus Corona, yang Digelar di Ruangan Kapolres Bima Kota, Senin (23/3/2020).


Kota Bima, Berita11.com— Kepolisian Resor (Polres) Bima Kota menggelar rapat koordinasi dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19), Senin (23/3/2020). Rapat dengan pimpinan sejumlah instansi dan OPD dilaksanakan di ruangan Kapolres Bima Kota.

Saat memimpin rapat, Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK, SH menekankan agar pihak-pihak terkait mengecek stok Sembako dan masker, serta alat medis lainya guna menunjang kebutuhan masayarakat dalam menghadapi virus Corona.

Kapolres juga menyampaikan perlunya penyiapan posko untuk penanganan dan pencegahan virus Corona (Covid-19). Selain itu, menekankan perlunya penyemprotan setiap kantor pemerintahan dan tempat ibadah.

“Juga perlu disiapkan sabun cuci tangan yang dilengkapi anti septic dengan air yang mengalir sebagai bahan untuk mencuci tangan, baik anggota maupun masyarakat yang datang ke kantor untuk mencegah penyebaran virus Corona,” ujarnya.

Kapolres berharap  Sekda Kota Bima  berkoordinasi dengan Wali Kota Bima agar mengeluarkan surat keputusan tentang keterlibatan intansi terkait melakukan pencegahan dan penanganan cirus Corona.

“Susun imbauan dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait cara penanganan virus Corona serta adakan rapat dengan tokoh masyarakat , baik tokoh pemuda dan tokoh agama, MUI kecamatan masing masing dan dalam menidaklnjuti arahan tentang ibadah sholat berjamaah, agar dilakukan pembersihan masjid,” ujarnya.

Diharapkan juga Dinas Perhubungan dan instansi terkait mengecek kendaraan yang masuk melalui pelabuhan laut maupun udara.



Sementara itu,  Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa menyatakan,  pihaknya segera melaksanakan simulasi dalam rangka penangan dan pencegahan virus Corona. “Langkah- langkah penanganan apabila menemukan atau adanya masyarakat yang terdeteksi virus Corona, sehingga cepat dapat dilakukan tindakan medis,” ujarnya.

Adapun Ketua Pengadilan Negeri Bima mengatakan, pihaknya  akan menyiapkan hand sainitizer yang dapat digunakan para pengunjung di PN Bima mengingat banyak aktivitas masyarakat di pengadilan setempat.

“Saat ini kami juga terkendala dengan banyaknya tahanan yang dilakukan persidangan, sehingga proses persidangan membutuhkan waktu lama hingga malam,” ujarnya.

Adapun perwakilan Dikes Kota Bima menyampaikan, perlengkapan Dikes Kota Bima masih minim. Untuk itu, meminta kepada TNI-Polri yang lebih didengar oleh masyarakat untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat berkaitan upaya pencegahan  wabah virus Corona.

“Kami tetap melakukan penyemprotan setiap kantor-kantor pemerintahan dan tetap melakukan koordinasi dengan pihak BPBD kaitan dengan penanganan virus Corona,” ujar perwakilan Dikes Kota Bima saat Rakor.

Sementara itu, pihak RSUD Bima menyatakan, saat ini telah menangani dua kasus yang kemungkinan terjangkit virus Corona. Hasilnya satu di antaranya status PDP (Pasien Dalam Pengawasan ) telah meninggal dunia dan satu telah ditanyakan negatif virus Corona  dan dinyatan Sembuh.

“RSUD Bima memiliki peralatan lengkap dan telah menyiapkan empat ruangan isolasi untuk menampung apabila ada pasien yang terinfeksi Corona,” ujarnya.

Rakor di ruangan Kapolres Bima Kota dihadiri  Kapolres  setempat, Dandim 1608/Bima, - Sekda Kota Bima, Drs H Muhtar Landa MH, Kepala BPBD Kota Bima, Ir H Syarafuddin MM, Kepala Dinas Koperindag Kota Bima, Abdul Haris SE, Kepala Sub Divre (Bulog) Bima, Kepala Dinas Pariwisata,  Ketua Pengadilan Bima. Kepala Imigrasi Kelas III Bima,Dedy SH,  Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Kepala Dinas Perhubungan dan Kabag Ops Polres Bima Kota, Kompol Muslih. [B-12]