Patroli Cipkon, Polres Dompu Amankan 26 Remaja dan Barang Bukti -->

Iklan Semua Halaman

.

Patroli Cipkon, Polres Dompu Amankan 26 Remaja dan Barang Bukti

Sunday, March 1, 2020
Sejumlah remaja yang diamankan saat dilakukan pembinaan di halaman Mapolres Dompu yang Dilakukan Kasat Intelkam IPTU Abdul Haris.

Dompu, Berita11.com - Dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) jajaran Mapolres Dompu giat melaksanakan patroli cipta kondisi (Cipkon) di wilayah hukum Polres Dompu, Sabtu (29/2/20) malam sekira pukul 20.15 Wita.

Dalam kegiatan tersebut, jajaran Polres Dompu berhasil mengamankan sedikitnya 26 remaja yang didominasi pelajar. Polisi juga berhasil mendapatkan beberapa barang bukti seperti satu kapak, minuman dalam kemasan Aqua tanggung yang berisi Kukubima dicampur alkohol, kemudian dua ketapel serta dua busur panah.

Tak hanya itu, polisi juga berhasil menjaring sedikitnya 16 unit motor yang menggunakan kenalpot racing dan tidak menggunakan lampu utama. Selanjutnya puluhan remaja dan sejumlah barang bukti tersebut digiring ke Mapolres Dompu untuk pembinaan.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK melalui Ps. PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah menjelaskan, sebelum patroli Cipkon, anggota terlebih dahulu melaksanakan apel persiapan yang dipimpin Waka Polres KOMPOL I Nyoman Adi Kurniawan SH.

Dalam arahannya, anggota Polres Dompu melaksanakan tugas sesuai dengan Tupoksi masing-masing atau satuan fungsi, agar dalam pelaksanaan tugas anggota menghindari tindakan arogan, serta mengutamakan keselamatan.

“Untuk anggota yang berpakaian preman agar melakukan penggalangan, pengamanan secara tertutup dan menghimbau kepada remaja agar tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu Kamtibmas,” jelas Hujaifah yang dikutib dari arahan Waka Polres.

Usai melakukan apel siaga, lanjut Hujaifah, sekira pukul 20.40 Wita, terlebih dahulu anggota melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor di depan kantor DPRD dengan sasaran motor yang menggunakan kenalpot racing.

“Di situ menemukan sejumlah motor yang tidak menggunakan lampu utama dan membawa Senjata tajam. Kegiatan ini dipimpin langsung Plt Kabag OPS AKP Nusra Nugraha dan kegiatan pemeriksaan berakhir sekira pukul 21.05 Wita dengan hasil kegiatan terjaring 16 unit motor beserta pemilik motor,” bebernya.

Dijelaskan Hujaifah, sekira pukul 21.00 Wita, anggota Sat Intelkam melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah remaja yang berkumpul di depan Puskesmas kota, dalam pemeriksaan anggota berhasil menemukan sejumalah BB

“Di situ ada sekelompok remaja saat melakukan pemeriksaan ditemukan satu buah kapak, atas hal tersebut sembilan orang remaja dibawa ke Mapolres Dompu guna diberikan pembinaan,” urai Hujaifah.

Sekira pukul 21.30 Wita, Hujaifah menambahkan, anggota Sat intelkam mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada kelompok remaja yang menggangu pengguna jalan di depan Puskesmas kota.

“Menanggapi hal tersebut atas perintah langsung dari kasat intelkam anggota Intelkam melakukan pemeriksaan terhadap kelompok remaja tersebut, dalam pemeriksaan ditemukan minuman dalam kemasan Aqua tanggung yang berisi kukubima di campur alkohol dan dua ketapel serta dua busur anak panah dan ada 17 orang remaja diamankan,” ungkap Hujaifah.

Sekira pukul 21.40 Wita, Kasat Intelkam IPTU Abdul Haris didampingi Kbo Sat intelkam IPTU Makrus, S. Sos memberikan pembinaan terhadap sekelompok remaja yang diamankan tersebut agar tidak mengulangi serta menghidari kegiatan atau aktivitas yang dapat mengganggu Kamtibmas.

Dalam hal tersebut juga Kasat Intelkam memberikan pemahaman serta himbauan terhadap keluarga kelompok remaja yang di amankan agar lebih memperhatikan pergaulan anaknya agar terhindar dari hal yang tidak baik dan merugikan diri sendri.

Giat tersebut diikuti Waka Polres KOMPOL I Nyoman Adi Kurniawan SH, Plt Kabag OPS AKP Nusra Nugraha, Kasat Sabhara AKP I Komang Astrawan, Kasat Intelkam IPTU Abdul Haris, Kanit Tipikor IPDA Arifurahman SH dan anggota yang terlibat dalam Sprin Cipkon sejumlah 31 orang dan 1 pleton anggota sat Brimob kompi 2 bataliyon C Dompu. [B-10]