Kapolres Bima Kota Galakan Ops Aman 2 untuk Cegah Virus Corona

Iklan Semua Halaman

.

Kapolres Bima Kota Galakan Ops Aman 2 untuk Cegah Virus Corona

Sabtu, 21 Maret 2020
Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono S.I.K SH Menyapaikan Pengarahan kepada Anggota dan Jajaran Berkaitan Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Operasi Aman 2 di Mako Polres Bima Kota, Sabtu (21/3/2020).


Kota Bima, Berita11.com— Kepolisian Resor (Polres) Bima Kota bergerak cepat mengerahkan seluruh jajaran untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).  Selain memastikan kesehatan personil melalui penguatan gerakan kebersihan dan olahraga, Polres Bima Kota melaksanakan monitoring terhadap potensi penyebaran virus Corona seperti pergerakan WNI/ buruh migran dari luar negeri.

Untuk mengantisipasi virus Corona, Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tejo Wicaksono S.I.K SH memimpin langsung pengarahan Operasi Aman 2 berkaitan antisipasi dan upaya pencegahan virus Corona.

Dikatakannya, kegiatan Operasi Aman 2 berkaitan antisipasi virus Corona berlangsung 30 hari yang dimulai sejak 18 Maret 2020.

Sebagai langkah antisipasi dan pencegahan Covid-19, Kapolres Bima Kota menyampaikan arahan untuk semua jajaran Polres bima Bota dari seluruh PJU para Kapolsek, Kanit Intel, Kanit Binmas.

Sejumlah penekanan yang disampaikan Kapolres untuk Kapolsek, Kanit Binmas dan Kanit Intelkam serta jajaran agar tetap memerhatikan kebersihan Mako Polsek.  Selain itu, setiap Polsek agar ditekankan menyiapkan antiseptik atau cairan septik seperti detol,  sabun cair untuk anggota dan masyarakat.

“Dikedepankan untuk menanggulangi virus adalah Polri dan TNI.  Kanit Binmas koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan kelurahan, desa bagi TKW dan TKI yang datang  dari negara luar agar diarahkan laporkan kedatangan kepada kelurahan dan desa agar didata,” ujar Kapolres Bima Kota saat menyampaikan arahan di Mako Polres Bima Kota, Sabtu (21/3/2020).

Diharapkannya, Bhabinkamtibmas bersama pihak Pemerintah Kelurahan dan Pemerintah Desa mendata TKW /TKI yang pulang dari negara luar untuk dipantau selama 14 hari. “Jika ada keluhan sakit agar diarahkan dirujuk ke Puskesmas atau ke RSUD dan kordinasikan dengan Dikes di wilayahnya,” kata Kapolres.

Suasana Pengarahan kepada Anggota oleh Kapolres Bima Kota di Mako Polres Bima Kota, Sabtu (21/3/2020).

Selain itu, Bhabibnkamtibmas diharapkan mengingatkan masyarakat untuk memberikan penyuluhan tentang tata cara mengantisipasi virus corona.  Kapolsek diharapkan mengadakan rapat kordinasi  mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan mensosialisasikan upaya antisipasi virus Corona dan cara antisipasi kekebalan imun tubuh.

“Agar Bhabinkamtibmas kordinasikan dengan pengurus mesjid di wilayahnya agar dalam pelaksanaan ibadah, karpetnya digulung dan dibersihkan serta dijemur di cahaya matahari, serta kramik masjid dilap menggunakan pembersih lantai,” imbau Kapolres.

Diingatkannya, juga kepada anggota agar menjaga kesehatan tubuh. Misalnya dengan mengonsumsi vitamin C. Kebutuhan manusia terhadap vitamin 1500 mg. Adapun untuk kegiatan laporan Bhabinkamtibmas tidak dibagikan di grup Polres Bima Kota, karena laporan Bhabinkamtibmas sudah diwaskat Kasat Binmas.

“Amankan setuasi dan saya serahkan sepenuhnya semuanya kepada Kapolsek, jika tidak mampu baru ditambahkan kekuatan. Kapolsek harus aktifkan kegiatan rapat dengan pemerintah kelurahan dan Camat agar hadir, karena kehadiran Kapolsek sangat penting,” tekannya.

Kapolres menambahkan, dari hasil koordinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima, untuk sementara wilayah hukum Polres Bima Kota masih nihil kasus positif Covid-19. Adapun orang dalam pemanantauan dua orang, sedangan pasien dalam pengawasan untuk sementara nihil.

Kapolres  juga mengimbau semua jajaran agar bekerja sama mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid 19 yang saat mewabah luas. Upaya pencegahan Covid -19 di antaranya dengan menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, menjaga kebersihan lingkungan,  mengonsumsi makanan yang segar dan sehat, istirahat dan tidur yang cukup.

Masyarakat juga diharapkan tidak panik. Apabila ada indikasi Covid -19 segera menghubungi atau mengkonfirmasi petugas kesehatan terdekat sehingga mendapat informasi yang jelas. Masyarakat diharapkan tidak mudah percaya informasi yang tidak jelas sumbernya.

“Kurangi kegiatan di luar rumah yang tidak perlu, kurangi kontak dengan orang lain dalam bentuk kumpul keramaian yang lebih dari 30 orang dan yang tidak kalah penting dalam imbauan ini, agar tetap selalu berikhtiar dan berdoa agar kita selalu diberikan kekuatan dan upaya mengantisipasi ujian wabah virus Covid -19,” ujarnya.

Menurutnya, semua jajaran dan masyarakat diharapkan mengikuti seluruh kebijakan pemerintah dalam memerangi penyebaran virus Corona. “Kami juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi virus Corona,” imbaunya. [B-12]