Pilkada Hajatan Rakyat, KPU harus Libatkan Berbagai Unsur, Termasuk Media -->

Iklan Semua Halaman

.

Pilkada Hajatan Rakyat, KPU harus Libatkan Berbagai Unsur, Termasuk Media

Friday, March 6, 2020
Ilustrasi. Image Source: Suara Papua.


Dompu, Berita11.com Direktur LSM Lembaga Rakyat (LERA) Supriyadin SE mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa Pilkada serentak 2020 adalah hajatan rakyat yang harus dipastikan sukses. Salah satu kuncinya dengan melibatkan berbagai unsur, termasuk media sebagai pilar keempat demokrasi dalam mendorong partipasi pemilih melalui sosialisasi di media.

Menurut Supriyadin, sosialosasi atau kegiatan yang dilaksanakan KPU harus melibatkan secara menyeluruh, bukan hanya sebelah pihak. Apalagi hajatan Pilkada adalah urusan kepentingan masyarakat secara umum

“Maka persoalan Pilkada atau tingkat partisipasi masyarakat (pemilih) akan pincang kalau tidak melibatkan berbagai unsur seperti media,” katanya di Dompu, Jumat (6/3/2020).

Dikatakannya, jika membahas masalah sosialisasi  pasti menjadi kendala anggaran. Akan tetapi media merupakan mitra tempat sosialisasi yang paling cepat dan efektif. 

“Karena generasi kita ini adalah generasi millenial.  Kalau melakukan sosialisasi terbatas harus melibatkan berbagai elemen, kalau tidak akan berdampak buruk karena yang pasti hanya segelintir orang saja dan masyarakat tidak mungkin mengakses informasi,” ujar Supriadin. [B-10]