Polisi Gagalkan Peredaran Sabu di Pekat, Dua Pria Asal Bima Berhasil Dibekuk

Iklan Semua Halaman

.

Polisi Gagalkan Peredaran Sabu di Pekat, Dua Pria Asal Bima Berhasil Dibekuk

Kamis, 05 Maret 2020
Kedua pria asal Sape-Bima dan sejumlah BB saat diamankan di Mapolres Dompu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Dua Pria Asal Kabupaten Bima Kecamatan Sape yakni, Subhan alias Dimas 34 tahun warga Dusun Kore, Desa Naru dan Ardiansyah alias Ardi 26 tahun warga Dusun Lawage, Desa Naru Timur berhasil dibekuk tim Opsnal Resnarkoba Polres Dompu, Kamis (5/3/20) pagi.

Kedua pria tersebut dibekuk di dua Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berbeda, karena diduga hendak mengedarkan sabu khusus di wilayah Kecamatan Pekat.

Subhan alias Dimas dibekuk di salah satu rumah warga di Dusun Wadu Mbudi Desa Doropeti TKP pertama, sedangkan Ardiansyah alias Ardi dibekuk di salah satu warung makan pertigaan jalan masuk PT. SMS di Dusun Safahu, Desa Doropeti, TKP kedua.

Dari tangan terduga pelaku di TKP pertama, tim berhasil temukan sejumlah Barang Bukti (BB) diantaranya Sembilan gulung plastik klip transaparan yang di dalamnya berisi kristal bening yang diduga natkotika jenis sabu-sabu.

Kemudian Satu buah senjata api rakitan, Satu buah ketapel beserta tiga busur anak panah, Lima buah korek api, Empat buah sendokan yang terbuat dari sedotan, Satu buah kotak rokok malboro, Satu buah jarum, Tiga unit Hendphon dan beberapa lembar uang kertas.

Sedangkan dari tangan terduga pelaku di TKP kedua, tim berhasil temukan BB antara lain Empat buah plastik klip transparan yang di dalamnya terdapat kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu-sabu.

Kemudian Satu buah dompet kecil, yang bertuliskan 'Rinjani', Satu unit Handphon, Satu unit sepeda motor merek yamaha Jupiter MX, Satu buah dompet dan sejumlah uag kertas.

Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU Tamrin, S.Sos melalui Ps. PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah menjelaskan, penangkapan dipimpin Kasat Narkoba itu berawal dari kerja sama masyarakat yang telah memberikan informasi.
Sejumlah BB yang berhasil diamankan. Foto ist

Informasi pertama diperoleh tim SatResnarkoba bahwa ada seorang pria yang datang dari Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, hendak ingin menawarkan narkotika jenis sabu-sabu ke masyarakat Desa Doropeti.

"Menindak lanjuti informasih tersebut Kasat narkoba lansung menelpon kanit opsnal Resnarkoba Bripka Masrun untuk segera mengumpulkan anggota opsnal lainya agar segera meluncur di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dimaksud," ungkap Hujaifah.

Setalah dilakukan pengintaian selama tiga hari untuk melihat cara transaksi di sekitar rumah yang dimaksud tepat pada hari Kamis tanggal 05 Maret 2020 sekitar pukul 05.30 wita akhirnya menyimpulkan informasih yang sudah (A1).

"Tim melakukan upaya penggerebekan terhadap salah satu rumah warga, dari hasil penggeledahan tim berhasil temukan sejumlah BB di TKP pertama," beber Hujaifah.

Dari pengakuan terduga pelaku Subhan alias Dimas TKP pertama, bahwa masih menyimpan narkotika jenis sabu-sabu di salah satu rumah temanya yang bertempat di Dusun Calabai Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Berhubung tempat temannya itu agak jauh dengan TPK pertama, akhirnya tim Opsnal Resnarkoba menggunakan trik jitu dengan menggunakan sms, supaya temannya Aradiansyah datang menghampiri terduga yang sudah diamankan itu,

"Tidak jauh dari TKP pertama, tim melihat gerak gerik seorang temannya tersebut langsung dilakukan upaya penangkapan terhadap temannya tersebut yang bertempat di warung makan pertigaan jalan masuk PT. SMS di Dusun Safahu Desa Doropeti, kemudian dilakukan penggeledahan badan dan berhasil temukan sejumlah BB," terang Hujaifah.

Selanjutnya, kedua pria asal Sape Bima ini beserta sejumlah BB akhirnya digiring ke kantor Sat Resnarkoba Polres Dompu, guna diproses penyelidikan lebih lanjut. [B-10]