Polsek Pekat, KPH dan Pemdes Sorinomo Gelar Aksi Penanaman Pohon

Iklan Semua Halaman

.

Polsek Pekat, KPH dan Pemdes Sorinomo Gelar Aksi Penanaman Pohon

Jumat, 06 Maret 2020
Bhabinkamtibmas Desa Sorinomo Polsek Pekat Briptu M. Wahid saat menanam pohon di sekitar mata air. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Ka Polpos Doropeti yang mewakili Kapolsek Pekat, Bripka Putu Sumahardana, Bhabinkamtibmas Briptu M. Wahid, Pemerintas Desa (Pemdes) Sorinomo yang terdiri dari Kepala Desa beserta jajarannya.

Kemudian dari unsur Kesatuan Pengelolah Hutan (KPH) diwakili Kasi Kam dan Kepala Resort Tambora beserta anggota dan masyarakat setempat menggelar aksi penanam berbagai jenis bibit pohon, Rabu (4/3/20) pagi.

Aksi penanaman pohon dilakukan dalam rangka menghijaukan kembali pepohonan akibat perambahan liar dilakukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.
Kapolpos Doropeti Bripka Putu Sumahardana dan anggota KPH juga unsur masyarakat sedang menanam pohon Duabanga. Foto ist

Giat penanaman hanya dilakukan disekitar lokasi mata air yang bertempat di lahan tutupan negara yakni di Dusun Pade Maju, Desa Sorinomo Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB.

Kapolsek Pekat IPTU Yoseph Subang Tukan, SH melalui Ps. PAUR Subbag Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah menuturkan, giat tersebut adalah selain menghijaukan kembali hutan yang dibabat juga menjaga dan merawat kembali pepohonan sebagai penyangga mata air yang merupakan sumber kehidupan masyarakat.

"Giat itu juga sekaligus mengajak dan memotivasi secara bersama agar masyarakat yang mengelola hasil lahan hutan dalam usaha pelestarian atau perawatan untuk kemanfaatan Sumber Daya Hayati dan Air," kata Ps. PAUR Subbag Humas.
Usai melakukan giat penanaman pohon. Foto ist

Adapun jenis bibit yang ditanam sebagai upaya penyangga sumber mata air atau kelestarian hutan diantaranya, Duabanga Molucana atau Kalanggo, Kemiri, Durian dan Mahoni.

Aksi kegiatan penanaman pohon berakhir sekira pukul 11.30 Wita dalam keadaan situasi aman, lancar, dan terkendali. [B-10]