Soal TKW yang Terjangkit Virus Corona, ini Bantah Bupati Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Soal TKW yang Terjangkit Virus Corona, ini Bantah Bupati Dompu

Wednesday, March 4, 2020
Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin

 Dompu, Berita11.com - Terkait kepulangan salah satu Tenaga Kerja Wanita (TKW) dari Malaysia yang merupakan warga Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang sempat mengegerkan warga karena diduga terjangkit virus Corona akhirnya dibantah keras oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY).

Bantahan itu disampaikan HBY di aula Pendopo Bupati saat mengelar konferensi pers, Rabu (4/3/2020). Ia memastikan bahwa salah seorang TKW warganya tersebut tidak terjangkit virus Corona, melainkan hanya menderita demam dan influenza biasa.

HBY menjelaskan, soal adanya isu warga Lingkungan Dore Kelurahan Simpasai itu tidak bisa dipertanggung jawabkan. Hal itu juga telah dibuktikan oleh sejumlah tenaga medis di Kabupaten Dompu.

“Tidak benar ada warga Dompu yang terindikasi terkena virus Corona,” bantah Bupati di hadapan sejumlah awak media saat didampingi Direktur RSUD dan Sekretaris Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Dompu, dr alif dan kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir S.KM.

HBY menegaskan, jika ada warga yang terindikasi terkena virus corona, tentu Dinas Kesehatan dan pihak RSUD akan melakukan tindakan medis dengan mengisolasi korban.

“Hanya saja hal itu tidak dilakukan, karena yang bersangkutan tidak terkena virus yang dimaksud,” tegas HBY.

Terkait virus corona ini, BHY menambahkan, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak Dikes, RSUD maupun Puskesmas untuk melakukan deteksi dini agar mengetahui adanya warga yang teridentifikasi terserang virus corona.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Dompu untuk meningkatkan intensitas cuci tangan dan lebih sering cuci tangan meskipun tidak merasa kotor. Itu pencegahan paling baik. Bila sedang batuk atau flu, maka gunakan masker,” ajak HBY.

Untuk mengantisipasi serangan virus corona, Bupati memerintahkan Dinas Kesehatan Dompu untuk lebih intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Saya minta Dikes menyebarkan brosur-brosur supaya masyarakat paham tentang gejala virus corona. Sehingga, virus ini dapat terdeksi secara dini,” imbaunya. [B-10/ADV]