Hari ini, 29 Pasien Positif Covid-19 Dilakukan Rontgen di RSUD Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Hari ini, 29 Pasien Positif Covid-19 Dilakukan Rontgen di RSUD Dompu

Thursday, April 30, 2020
PLt Sekertaris Dikes Kabupaten Dompu. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Sejumlah 29 Pasien yang hasil swab test positif yang di karantina di Rumah Sakit Pratama Kecamatan Manggelewa hari ini dilakukan rontgen atau foto thorax di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu, Kamis (30/4/2020).

Hal itu dilakukan agar mengetahui kesehatan pasien selama menjalankan karantina dan rontgen itu dilakukan dikawal ketat oleh pihak Kepolisian Resor Dompu yang dipimpin Kabag Ops AKP Nusra Nugrahan, SH, dari mulai penjemputan di tempat karantina hingga mengantar pulang ke RS Pratama.

Kabag Ops Polres Dompu AKP Nusra Nugrahan, SH kepada Berita11.com mengatakan, pasien yang menjalankan rontgen rata-tara dari jamaah tabligh (JT) closter Gowa-Makassar yang dijemput dari tempat karantina menggunakan dua mobil ambulance.
Kabag Ops AKP Nusra Nugrahan, SH beserta jajaran Polres Dompu saat mengawal pasien usai melakukan rontges di RSUD Dompu. Foto Poris Berita11.com.

"Ada 29 pasien yang terdiri dari ambulance pertama enam pasien, ambulance kedua delapan, ambulance ketiga enam, dan ambulance keempat sembilan," ungkap Kabag Ops.

Terpisah, Pelaksa tugas (PLt) Sekertaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu Maman, S.Km saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, rontgen ini dilakukan guna menampilkan gambaran kesehatan bagian dalam pasien, agar melihat gambaran jantung, paru-paru, saluran pernapasan, pembuluh darah, dan nodus limfa.

"Rontgen itu dilakukan bertujuan untuk melihat citra paru-paru dan saluran pernapasan pasien yang positif Covid-19. Melalui rontgen dapat diketahui infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan dan paru-paru mereka," kata Maman.

Menurut Maman, sejumlah pasien yang terjangkit Covid-19 itu besar harapan untuk mengarah pada kesembuhan. "Untuk kesembuhan pasien, insya Allah teman-teman medis tetap berupaya untuk kesembuhan pasien, besar harapan ada kesembuhan," ujarnya.
Ambulance yang menjemput dan mengantar pasien. Foto Poris Berita11.com.

Maman mengisyaratkan, dalam waktu dekat sejumlah pasien yang terjangkit Covid-19 ini akan dilakukan swab test ulang guna mengetahui perkembangan kesembuhan pasien.

"Rencana kita, dalam waktu lima hari kedepan, kita akan dilakukan swab ulang khusus pasien ini," isyaratnya.

Kalaupun hasil swab test mengarah ke negatif, lanjut Maman, pemerintah akan terus melakukan karantina dan pengobatan hingga pasien betul-betul sembuh dan hilang dari virus Corona yang terjangkit dalam tubuh pasien.

"Jika pasien mengarah ke negatif, pasien tetap dilakukan pengobatan hingga diputuskan untuk kembali pulang ke rumah masing-masing," tandasnya.

Untuk diketahui, dua pasien lainnya yang positif terjangkit Covid-19 dikarantina di RSUD Dompu, jadi jumlah keseluruhan 31 orang pasien hari ini dilakukan rontgen di RSUD Dompu. [B-10/ADV]