Hasil Rapid Test 6 dari 32 Warga Dompu Cluster Gowa Sulsel Dinyatakan Reaktif -->

Iklan Semua Halaman

.

Hasil Rapid Test 6 dari 32 Warga Dompu Cluster Gowa Sulsel Dinyatakan Reaktif

Monday, April 13, 2020
Saat menggelar siaran pers di Sekretarian Tim Gugus Tugas Covid-19 di Jalan Lele Kelurahan Bali Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Sesuai hasil pemeriksaan cepat (rapid test) terhadap enam dari 32 warga Dompu yang masuk Cluster Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) dinyatakan reaktif.

Enam warga tersebut merupakan bagaian dari 139 jemaah dari Dompu yang mengikuti Ijtima Ulama Sedunia di Gowa Sulses, Maret 2020 lalu.

Hal tersebut dipaparkan saat konferensi pers Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Dompu yang dipimpin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu Jufri, ST. M.Si di Sekretariat di Jalan Lele Kelurahan Bali, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Senin (13/4/20) malam.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Dompu mengisyaratkan, sisa yang belum mengikuti menjalani rapid test segera dilaksanakan, menunggu hasil rapid test yang telah dikirim ke Dikes Provinsi NTB hari ini.

“Pemeriksaan rapid test ini sebagai skrining awal, untuk selanjutnya 6 orang yang sudah dinyatakan reaktif, besok akan diambil spesimen untuk pemeriksaan PCR atau test Swab,” jelas Jufri.

Dijelaskan, langkah antisipasi selanjutnya Gugus Tugas Kabupaten Dompu, karantina akan ditempatkan di RS Pratama Manggelewa.

Disebutkannya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 11 orang, dua orang masih dalam pengawasan dan sembilan orang sudah selesai pengawasan (sembuh), sedangkan, Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) sebanyak 2.153 orang dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 131 orang.

“Jumlah dari Puskesmas Dompu Kota tercatat ada lima yang reaktif, dari Puskesmas Dompu Timur dari enam yang dilakukan repites ada satu yang reaktif," ungkapnya.

“Sementara, Puskesmas Dompu Barat tercatat 19 orang yang dilakukan repites namun semuanya kosong reaktif, begitu juga di Kecamatan Pajo sejumlah orang yang dilakukan repites hasilnya juga kosong," sambungnya.

Menurut Jufri, dari jumlah data di atas termasuk data jamaah tabligh diperiksa di perbatasan antara Sumbawa dan Dompu yang baru saja balik dari kegiatan istima ulama di Kabupaten Goa Makassar.

"Hari ini, kami juga melakukan repites sebanyak 139 orang Jamaah Tabligh yang baru pulang dari Makassar dan dari 139 orang hanya 32 orang jamaah tabligh yang di tes. Dari 32 jamaah tabligh, enam diantaranya reaktif," ungkap Jufri

Dikatakannya, enam orang yang reaktif hasil repites di perbatasan itu, saat ini sedang berada di rumah masing-masing dan besok akan dilakukan isolasi mandiri atau dikarantina di Rumah Sakit Pratama Kecamatan Manggelewa,

"Untuk sementara keenam orang yang reaktif sudah berada di rumahnya besok baru ditindak lanjut, kemudian dari Kecamatan Kilo, Kempo dan Pekat besok akan dilakukan repites oleh kepala Puskesmas masing-masing," bebernya.

"Sejumlah orang yang terkena reaktif akan dilakukan karantina mandiri, akan diberi jaminan makan dan minum oleh pemerintah daerah," pungkasnya.

Pada kesempatan ini turut hadir Asisten III Setda Dompu Drs. H. Gazi Mansuri M.Ap, Danramil 1614-01/Dompu Kapten Inf. M. Yamin, Kabag Ops Polres Dompu AKP Nusrah Nugrahan, SH, Kabag Baprokopim Setda Dompu Muhammad Iksan ST MM dan Sejumlah media cetak dan elektronik Dompu. [B-10/ADV]