Kini Warga Soromandi yang Positif Covid-19 jadi 2 Orang, ini Laporan Lengkap Gugus Tugas -->

Iklan Semua Halaman

.

Kini Warga Soromandi yang Positif Covid-19 jadi 2 Orang, ini Laporan Lengkap Gugus Tugas

Tuesday, April 28, 2020
Pasien Positif Covid-19 Tiba di RSUD Bima Setelah Dievakuasi dari RSUD Sondosia di Kabupaten Bima Beberapa Hari lalu. Foto B-12/ Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Jumlah warga Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima yang positif Covid-19 bertambah menjadi dua orang, yaitu warga Desa Bajo dan warga Desa Punti Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima.

Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merilis penambahan 21 kasus baru positif Covid-19, dari 186 sampel yang diperiksa. Dari jumlah tersebut 164 sampel negatif dan satu sampel ulangan positif. Selain perkembangan jumlah kasus, Gugus Tugas juga merilis delapan pasien di NTB yang sembuh dari Covid-19.

Dari penambahan 21 kasus baru di Provinsi NTB, satu kasus baru merupakan warga Kabupaten Bima.

“Pasien nomor 226, an. Ny. IR, perempuan, usia 21 tahun, penduduk Desa Punti, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Luwuk Sulawesi Selatan. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 tidak pernah. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Bima dengan kondisi stabil,” sebut Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi NTB, HL Gita Ariadi melalui siaran pers Gugus Tugas Provinsi NTB, Selasa (28/4/2020).

Adapun pasien Ny IR (21 tahun) awalnya adalah Orang dalam Pemantauan (ODP) yang telah lama berada di RSUD Bima sejak ditetapkan sebagai ODP.

Dalam laporan Gugus Tugas Kabupaten Bima hingga pukul 12.00 Wita, 28 April 2020, sebagaimana yang disampaikan Kasubid Peanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan S.Kom MM, jumlah pelaku perjalanan tanpa gejala (PPTG) 5.200 orang, yang rinciannya laki-laki sebanyak 2.261 orang dan perempuan 2.939 orang, masih dalam pemantauan 1.427 orang, selesai pemantauan 3.773 orang.

Adapun jumlah orang tanpa gejala (OTG) di wilayah Kabupaten Bima sesuai ploting Gugus Tugas Kabupaten Bima, sebanyak 165 orang, dengan rincian laki-laki 85 orang dan perempuan 80 orang. Dari jumlah tersebut, 165 orang masih dalam pemantauan. Jumlah Orang dalam Pengawasan (ODP) 545 orang, yang rinciannya laki-laki 292 orang dan perempuan 253 orang, masih dalam pemantauan 119 orang, selesai pemantauan 426 orang, sedangkan jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) 12 orang dan 11 selesai dalam pengawasan, yang mana hasil laboratorium terhadap 11 orang tersebut dinyatakan negatif.

Sebaran kasus positif Covid-19 sesuai wilayah yaitu 3 kasus di Kecamatan Sanggar, 2 kasus di Kecamatan Soromandi dan 1 kasus di Kecamatan Lambu. 

Proses Evakuasi Dikawqal Ketat Aparat TNI dan Polri. Foto B-12/ Berita11.com.

Pada bagian lain, Babinsa Tente menerima laporan adanya warga di Dusun Anggrek Desa Tente Kecamatan Woha, Tn AF yang mengalami deman tinggi, batuk disertai gejalan rambut rontok. Adapun warga tersebut menjalani karantina mandiri di kediaman di dusun setempat sejak 23 April 2020.

Sementara pada hari yang sama, Babinsa Panda, Serka Anwar melaksanakan pendampingan dan monitoring terhadap pelaksanaan tes cepat (rapid test/ RDT) terhadap Tn. AR (69 tahun) dan FZ (52 tahun), dua anggota JT di desa setempat yang memiliki riwayat perjalanan ke Gowa Makassar untuk mengikuti Tabligh Akbar. Adapun hasil RDT tersebut Tn. A menunjukan hasil reaktif (+) sehingga dievakuasi ke RSUD Sondosia. [B-12/B-19]