ODP asal Desa Bajo Soromandi Dijemput Tim Covid-19 RSUD Sondosia -->

Iklan Semua Halaman

.

ODP asal Desa Bajo Soromandi Dijemput Tim Covid-19 RSUD Sondosia

Tuesday, April 21, 2020
Penjemputan OPD asal Dusun Nanga Lere, Desa Bajo, Kecamatan Soromandi di PKM Soromandi, Selasa (21/4/2020) Sore.

Bima, Berita11.com— Orang dalam Pemantauan (ODP) asal Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Tn Y (38 tahun), anggota Jemaah Tabligh yang sempat melakukan perjalanan mengikuti Ijtima Ulama di Gowa Sulawesi Selatan, dijemput Tim Covid-19 RSUD Sondosia setelah sempat dirawat di Puskesmas Soromandi, Selasa (21/4/2020) menjelang magrib.

Tn Y merupakan warga asli Dusun Paropa Desa Kilo, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu dan beristrikan warga Dusun Nanga Lere Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima. Setelah pulang dari Gowa Sulsel mengikuti Ijtima Ulama, yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di Kilo, Kabupaten Dompu, namun kemudian kembali ke kampung istrinya di Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, hingga akhirnya dibawa ke Puskesmas Soromandi sebelum akhirnya dijemput oleh Tim Covid-19 RSUD Sondosia.

Hasil rapid tes oleh pihak Puskesmas Soromandi, Tn. Y dinyatakan reaktif, sehingga dibawa untuk diisolasi di RSUD Sondosia di Kecamatan Bolo, untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan swab.

Perihal adanya warga Desa Bajo Kecamatan Soromandi yang reaktif berdasarkan hasil rapid tes, yang kemudian dibawa oleh Tim Covid-19 RSUD Sondosia, diumumkan oleh Ketua MUI Kecamatan Soromandi, H Asbah Natif melalui masjid.

“Untuk itu, kami mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah, menghindari kerumuman. Karena sudah juga yang positif Covid-19 di Kabupaten Bima dan sudah ada yang dibawa dari Soromandi ini oleh pihak Rumah Sakit,” ujarnya.



Pada bagian lain, sejumlah warga Desa Bajo Soromandi, Kabupaten Bima mengaku cemas adanya warga setempat yang reaktif berdasarkan hasil rapid tes. Selama ini, tidak banyak warga setempat yang mengetaui jika Tn. A merupakan anggota JT yang pernah melakukan perjalanan ke Goa Sulsel.

“Sebagian besar warga cemas begitu mengetahui informasi ini. begitu melihat sirene ambulan yang membawa pasien,” ujar salah satu warga setempat, Syarif.


Pasca adanya ODP yang pernah melakukan perjalanan ke Goa Makassar dengan hasil rapid tes, reaktif, pihak Polsubsektor Soromandi dan Koramil Donggo melaksanakan patroli malam bersama. [B-12/ B-19]