Tolak Imbauan Tarawih, Jemaah Masjid di Kota Bima Bersitegang dengan Lurah -->

Iklan Semua Halaman

.

Tolak Imbauan Tarawih, Jemaah Masjid di Kota Bima Bersitegang dengan Lurah

Saturday, April 25, 2020
Ketegangan di Masjid Al Muwahudi Jalan Patimura Kelurahan Pane, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima Lantara Jemaah Menolak Imbauan agar Melaksanakan Salat Tarawih di Rumah Masing-masing Selama Pandemi Corona, Sabtu (25/4/2020). Foto B-12/ Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Keributan terjadi di Masjid Jami Al Muwahudin Jalan Patimura Kelurahan Pane, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima dengan lurah setempat, Sabtu (25/4/2020) malam. Jemaah bersitegang dan menolak imbauan Wali Kota Bima tentang peniadaan sementara salat tarawih karena wabah Covid-19 yang disampaikan Lurah Pane.

Sekira pukul 20.00 Wita, setelah para jamaah Masjid Jami Al- Muwahudin Kelurahan Pane hendak melaksanakan salat Isya, Lurah Pane Khairul Amar SE didampingi Camat Rasanae Barat, Hj Suharni SE mendatangi setempat untuk menyampaikan sosialisasi Surat Edaran Wali Kota Bima berkaitan untuk meniadakan salat terawih sementara, untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Lurah Pane meminta para jemaah untuk sementara meniadakan salat taraweh berjamaah di masjid dan menggantinya dengan salat tarawih di rumah masing-masing. Saat Lurah Pane menyampaikan imbauan tentang Surat Edaran Wali Kota Bima, sejumlah jemaah tidak terima seingga terjadi keributan antara Lurah Pane dengan Jamaah Al- Muwahudin Kelurahan Pane. Para jemaah memprotes, kenapa hanya masjid setempat yang dilarang melaksanakan salat tarawih.

Tak lama, Babinkamtibmas Kelurahan Pane Bripka Indra Sapri tiba di lokasi mendamaikan ketegangan antara lurah dan para jemaah. Salat taraweh di masjid setempat kemudian ditiadakan dan para jemaah setuju melaksanakan di rumah masing-masing.

Camat Rasanae Barat Hj Suharni SE membenarkan ketegangan yang terjadi di masjid tersebut.

Dikatakannya, kemarin pihaknya bersama Lurah Pane dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Keluraha Pane sudah memanggil khusus pengurus masjid untuk tanda tangan kesepakatan di kantor Lurah Pane terkait Surat Edaran Imbauan Wali Kota Bima dan Surat Edaran Pemerintah Pusat.

“Ini bukan main-main, sehingga disetujui ditiadakan salat Jumat berjamaah, ditiadakan salat lima waktu berjamaah dan ditiadakan salat taraweh berjamaah. Namun setelah diberikan peringatan dua kali dan malam ini masih ada yang datang salat tarawih, sehingga Lurah Pane bersama Tim Gugus Tugas Covid19 Kelurahan Pane mendatangi masjid tersebut,” ujar Suharni.

Ia mengimbau masyarakat agar mendukung Surat Edaran Wali Kota Bima untuk sementara meniadakan salat taraweh berjamaah. “Dipersilakan salat taraweh berjamaah di rumah masing-masing. Hal tersebut untuk mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19,” ujar Camat Rasanae Barat.

Dikatakannya, merujuk SE Wali Kota Bima dan edaran Pemerintah Pusat, pihaknya bersama Lurah Pane menegur jemaah agar tidak melaksanakan salat teraweh berjamaah untuk sementara waktu.

“Adapun di Masjid masjid lain yang masih melaksanakan shalat taraweh berjamaah, itu kita serahkam pada masing-masing Tim Covid-19 kelurahan. Lurah Pene semata-mata melindungi dan memberikan pengertian kepada warganya untuk tidak tertular Virus Covid-19,” kata Suharni.

Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi apa yang menjadi imbauan pemeritah daerah maupun pemerintah pusat dalam rangka mencegah penyebaran wabah nonalam virus Covid-19. [B-12]