Aksi Protes BLT di Kota Bima Berakhir Ricuh, Warga dan Aparatur Kelurahan Nyaris Adu Jotos -->

Iklan Semua Halaman

.

Aksi Protes BLT di Kota Bima Berakhir Ricuh, Warga dan Aparatur Kelurahan Nyaris Adu Jotos

Tuesday, May 12, 2020
Aksi Protes Warga di Kota Bima atas Permasalahan Pendataan dan Penyaluran BLT untuk Korban Terdampak Virus Corona, Selasa (12/5/2020). Foto Marshel Putra/ Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Aksi protes penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) untuk warga terdampak virus corona (Covid-19) di Kelurahan Sadia, Kota Bima berakhir ricuh, Selasa (12/5/2020). Warga dan aparatur kelurahan nyaris adu jotos, hingga pintu kantor kelurahan setempat dipalang warga.

Dalam aksinya, warga menilai penyaluran BLT tidak tepat sasaran dan melanggar administrasi. Para pemuda dan ibu-ibu Kelurahan Sadia terus merangsek ke halaman kantor kelurahan setempat hingga adu mulut antara warga dengan aparatur kelurahan tidak terelakan.

Sejumlah petugas keamanan yang mengamankan aksi protes massa tampak kewalahan saat massa tetap bersitegas.

Saat aksi massa berlangsung, Lurah Sadia, Abul Rajak SE sempat menyampaikan klarfikasi perihal masalah pendataan penerima BLT. Namun jawaban sang lurah tidak memuaskan warga. warga terus melancarkan aksi protes.

Ketua LPM Kelurahan Sadia Amiruddin, M.Pd menyesalkan adanya permasalahan tersebut. “Kami anggap timbul akibat kelalaian pihak kelurahan dan fasilitator Dinsos Kota Bima terhadap validasi dan verifikasi data. Padahal sebelum kejadian ini, masyarakat sudah dimediasi oleh kami bersama perangkat kelurahan dan lembaga masyarakat untuk melahirkan solusi,” katanya. 







Menurut dia, saran dari pihaknya tidak diindahkan, sehingga menimbulkan aksi protes hingga pemalangan pintu kantor Kelurahan Sadia.

Untuk menghindari amukan massa, Lurah Sadia dan petugas fasilitator Dinas Sosial dievakuasi oleh aparat kepolisian yang diback up oleh Satuan Pol PP Kota Bima dan aparat TNI Kodim Bima. [B-12]