Bentuk SDM Kreatif dan Inovatif, Dandim 1614/Dompu Buka Festival Pencak Silat

Iklan Semua Halaman

.

Bentuk SDM Kreatif dan Inovatif, Dandim 1614/Dompu Buka Festival Pencak Silat

Kamis, 21 Mei 2020
Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom saat memberikan sambutan. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom membuka komsos kreatif festival pencak silat wilayah Kabupaten Dompu tri wulan 1 tahun 2020 bertempat lapangan Makodim setempat, Kamis (21/5).

Kejuaraan pencak silat hanya berlangsung satu hari dengan mengusung tema "Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kreatif, Inovatif dan Adaptif"

Hadir pada saat pembukaan ini Ketua IPSI H. Zainal Arifin, Ketua KONI Putra Taufan, ST dan masing-masing ketua dari tiga perguruan pencak silat lengkap dengan pendukungnya.

Ali Cahyono dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan agar hubungan persaudaraan antara sesama tetap dirawat dan dijaga.

"Melalui festival ini mari kita mempererat tali silaturahim diantara kita dan tidak menjadikan sombong karena merasa hebat menjadi atlet silat," kata Dandim.

"Karena, menjadi atlet silat kita bisa untuk meraih prestasi dengan cara berlatih dengan sungguh-sungguh," lanjut Ali Cahyono.
Saat pemukulan gong pertanda dibuka lomba pencak silat dilakukan ketua IPSI Kabupaten Dompu H. Zainul Arifin. Foto ist

Menurutnya, pesilat merupakan suatu kepandaian dalam menjaga diri dan orang-orang disekitar kita ketika diserang oleh orang jahat,

Kepandaian tersebut, kata Ali Cahyono, didasarkan pada kesigapan dan tangkas serta cerdik dalam memperhatikan gerakan dan gerik yang dilakukan oleh penjahat.

"Disamping itu, manfaat dari menjadi atlet silat bisa menjaga diri dan menjaga orang lain dari kejahatan yang terjadi di sekitar kita," urainya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ali Cahyono, menyampaikan agar selama pelaksanaan lomba agar selalu menjunjung tinggi sportivitas dan menjaga keamanan terutama pada peserta lomba, dan berharap olahraga pencak silat terus meningkat.

"Semoga atletik pencak silat khusus di Kabupaten Dompu bisa dikembangkan di tengah-tengah masyarakat khususnya di dompu, terutama di sekolah-sekolah baik di tingkat SD, SMP maupun SMA," harapan Dandim.
Lomba pencak silat sedang berlangsung. Foto ist

Pembukaan festival pencak silat ditandai dengan pemukulan Gong dilakukan Ketua IPSI Kabupaten Dompu H. Zainul Arifin.

Untuk diketahui, dalam festival tersebut diikuti tiga perguruan pencak silat antara lain perguruan pencak silat Persinas Asad, Bantaran angin dan Eka sakti dengan menampilkan tiga kategori yaitu kategori tunggal ganda dan beregu.

Hasil akhir dari pada pertandingan tersebut, di kategori tunggal juara 1 dari pesilat Eka sakti, juara 2 dari pesilat Persinas Asad dan juara 3 dari pesilat Bantaran Angin.

Sementara, dikategori ganda, juara 1 dari pesilat Bantaran Angin, juara 2 dari pesilat Persinas Asad dan juara 3 dari pesilat Eka Sakti.

Sedangkan dikategori beregu, juara 1 dari pesilat Bantaran Angin, juara 2 dari pesilat Eka Sakti dan juara 3 dari pesilat Persinas Asad. [B-10]