Brimobda NTB Terima Penyerahan 2 Pucuk Senpi Rakitan dan 6 Butir Peluru Tajam Kaliber 5.56 -->

Iklan Semua Halaman

.

Brimobda NTB Terima Penyerahan 2 Pucuk Senpi Rakitan dan 6 Butir Peluru Tajam Kaliber 5.56

Thursday, May 28, 2020
Dua Senpi Rakitan dan Enam Amunisi Aktif Kaliber 5.56 yang Diterima Tim Opsnal Satuan Brimobda NTB dari Warga Sape, Kamis (28/5/2020) Sore. Penyerahan Diwakili oleh Pemerintah Desa Setempat.

Bima, Berita11.com— Warga Bima yang mengkoleksi senjata api (Senpi) rakitan tidak sedikit. Untuk sekalian kalinya, Tim Opsnal Brimob Satuan Brimobda NTB menerima penyerahan Senpi rakitan dari masyarakat. Dua pucuk Senpi laras pendek dan enam butir amunisi tajam kaliber 5.56 yang masih aktif diserahkan warga Desa Rasabou Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Kamis (28/5/2020) sore.

Kanit Opsnal Satuan Brimobda NTB, Bripka Ardibaron Bayuseno menjelaskan, dua Senpi rakitan dan enam butir peluru tajam yang masih aktif diserahkan pemilik melalui pemerintah desa Rasabou, Kecamatan Sape yang diwakili Sekdes setempat, Nurhasan S.Sos.

Diakuinya, penyerahan tersebut dilakukan setelah upaya pendekatan persuasi atau penggalangan oleh Tim Opsnal Brimobda NTB dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Bima Kota. Senpi tersebut diduga sering digunakan pemiliknya apabila terjadi perang kampung. Selain itu,digunakan untuk menjaga diri dan desa pemilik apabila diserang desa lain.

Dijelaskan Bripka Ardibaron Bayuseno, pada awalnya Tim Opsnal diperintahkan Dansat Brimob Satbrimobda NTB Kombespol Komaruz Zaman S.I.K MH melaui Kasi Intel Satbrimobda NTB AKP I Gb Eka Prasetya SH untuk melakukan penyelidikan terhadap masyarakat yang menyimpan, memiliki, menguasai senjata api rakitan yang sering digunakan untuk melakukan tindak pidana atau perang kampung yang meresahkam masyatakat Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Dari hasil penyelidikan pihaknya, Tim Opsnal Satuan Brimoda NTB berhasil mengantungi dua nama yang dirahasiakan. “Berhubung yang bersangkutan kooperatif dan mau berkerja sama, sehingga Tim Opsnal melakukan pendekatan, penggalangan guna meminta kepada oknum masyarakat tersebut untuk menyerahkan Senpi tersebut secara sukarela, namun oknum tersebut meminta untuk dirahasiakan identitasnya,” jelas Bripka Ardibaron Bayuseno.

Selain itu, pemilik Senpi meminta penyerahan cukup diwakili Sekdes Rasabou Kecamatan Sape Kabupaten Bima dan Kepala Dusun Goa.

“Setelah dilakukan penyerahan, senjata api rakitan dan sejumlah amunisi aktif tersebut diperiksa dan dicek oleh Tim Opsnal Brimob Satuan Brimob,” ujarnya. [B-12]