PKM Dompu Barat dan Pemdes Bakajaya Bersihkan Masjid dan Pasar Wodi -->

Iklan Semua Halaman

.

PKM Dompu Barat dan Pemdes Bakajaya Bersihkan Masjid dan Pasar Wodi

Sunday, May 31, 2020
Saat pembersihan lingkungan pasar Wodi. Foto Poris Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Puskesmas (PKM) Dompu Barat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Bakajaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu melakukan pembersihan Masjid Al Hidayah Pancasila dan pasar Wodi, Minggu (31/5/2020) pagi.

Hal itu dilakukan guna terciptanya lingkungan hidup yang sehat dan antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, giat ini dipimpin Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) PKM Dompu Barat Muzakir, S. Kep. Ners, juga dilibatkan Babinsa desa setempat yakni Sersan Satu (Sertu) Isyra.

"Ini adalah salah satu rangkaian dari program untuk mencegah atau pemutusan rantai wabah Covid-19," kata Kepala PKM Puskesmas Muzakir di sela-sela kegiatannya.

Muzakir menjelaskan, Pemerintah telah menginstruksikan kepada para OPD, Camat dan Puskesmas, unsur TNI dan Polri untuk turut berperan aktif melaksanakan pencegahan Covid-19 melalui kerja bakti pembersihan lingkungan.

"Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung pemerintah atau mengapresiasi himbauan Pemerintah lebih khusus Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu untuk melaksanakan bakti sosial," ungkap Muzakir.
Suasana pembersihan Masjid Al Hidayah Pancasila Desa Bakajaya. Foto Poris Berita11.com

Kegiatan ini juga, lanjut Muzakir, memprioritaskan lingkungan yang dipakai untuk pasilitas umum seperti pasar dan tempat-tempat beribadah. Selain itu, Muzakir juga terus menghimbau terhadap warga baik pedagang maupun pengunjung pasar Wodi untuk ikuti protokoler pemerintah.

“Sambil kegiatan ini berjalan, kami juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menyadarkan masyarakat terkait mahalnya harga kesehatan apabila berakibat kematian,” jelas dia.

Tak hanya menghimbau, Muzakir juga melakukan sosial distancing maupun pysical distancing terhadap warga agar mengurangi acara atau kegiatan yang melibatkan orang banyak.

"Kami juga sambil melakukan sosialisasi dan meminta terhadap masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan selalu menggunakan masker apabila beraktifitas di luar rumah dan rajin cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari penularan Covid-19," pungkas Muzakir. [B-10]