Proses KBM di SDN 2 Dompu Cara Daring dan Luring PJJ Berjalan Efektif -->

Iklan Semua Halaman

.

Proses KBM di SDN 2 Dompu Cara Daring dan Luring PJJ Berjalan Efektif

Wednesday, May 13, 2020
Saat berkunjung di rumah siswa untuk memberikan tugas bertempat di Kampung Sigi Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, Rabu (13/5). Foto ist

Dompu, Berita11.com - Menindak lanjuti surat edaran Bupati Drs. H. Bambang M. Yasin melalui Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Nomor: 360/990/BPBD/2020 dengan prihal pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 tertanggal 12 Mei 2020.

Dalam surat edaran tersebut Bupati Dompu memperpanjang layanan kegiatan pembelajaran mandiri di rumah sampai dengan tanggal 1 Juni 2020 dan selanjutnya akan dilakukan evaluasi.

Meski surat edaran dikeluarkan sesuai tanggal ditetapkan, namun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN 2 Dompu dengan cara daring dan luring Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah berjalan efektif beberapa hari sebelumnya.

"Pelajaran jarak jauh kami jalankan sangat efektif dan sudah berjalan beberapa hari yang lalu, ini sebagai langkah solutif untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan, lebih khusus di sekolah kita," kata Kepala SDN 2 Dompu, Rudi Hartono, S. Pd, Rabu (13/5/2020) sore.

Menurutnya, Kepala Sekolah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya dalam satuan pendidikan dan Kepala Sekolah juga memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah serta warga sekolahnya. 
Saat berkunjung di Lingkungan Mantro, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Selasa (12/5). Foto ist

Untuk itu, lanjut Rudi, rasa aman dan nyaman ini harus dirasakan oleh semua dewan guru, peserta didik maupun orangtua, termasuk dalam hal keamanan dan kenyamanan di masa merebaknya kasus pandemi Corona Virus Disease 2019 atau yang disingkat Covid-19.

"Guru tinggal memberikan soal dengan cara memberikan tugas mata pelajaran ke tiap-tiap rumah siswa yang nantinya hasil tugas tersebut akan diambil kembali pada akhir pekan, guru dan siswa maupun orang tua wali akan tetap merasakan kenyamanan," jelas pria yang baru beberapa hari memimpin SDN 2 Dompu ini.

Dikatakan Rudi, untuk mengisi kegiatan belajar mengajar yang harus diselesaikan pada tahun pelajaran ini, selain surat edaran Bupati Dompu, ia juga sudah membuat skenario terlebih dahulu.

Hal itu dilakukan, menurutnya, guna meminimalisir kontak fisik secara massal sehingga dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut.

"Kegiatan KBM dengan cara daring dan luring atau PJJ ini dilaksanakan seterusnya hingga ada himbauan pemerintah bahwa kita sudah terbebas dari kasus pandemi Covid-19 ini," pungkasnya. [B-10]
Di Kelurahan Bali, Kecamatan Dompu, Rabu (13/5). Foto ist