Rayakan Kelulusan, OSIS SMKN 1 Dompu Lebih Memilih Bantu Warga Miskin -->

Iklan Semua Halaman

.

Rayakan Kelulusan, OSIS SMKN 1 Dompu Lebih Memilih Bantu Warga Miskin

Saturday, May 16, 2020
Saat memberikan bantuan sembako ke salah satu fakir miskin di Dompu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Luar biasa cara yang dilakukan siswa dan siswi SMK Negeri 1 Dompu yang tergabung dalam kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam merayakan kelulusan pada angkatan tahun 2020 ini.

Mereka lebih memilih melakukan kegiatan bakti sosial dengan menyisihkan uang belanja mereka sebesar Rp10 ribu per orang untuk membantu warga miskin yang ada di Kabupaten Dompu.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Dompu, Eko Sutrismi, S.Pd saat dihubungi, Sabtu (16/5) membenarkan atas giat kemanusiaan yang dilakukan peserta didiknya dan para siswa  dan siswi ini rela menyisihkan uang sakunya Rp10 ribu per orang untuk membeli paket sembako.

"Mereka lebih memilih memberikan bantuan sembako dari pada merayakan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat," katanya.

Di samping itu, niat tulus dan ikhlas para siswa siswi serta guru Sekolah karena saat ini warga miskin semakin susah di tengah wabah covid-19 yang berdampak pada sosial ekonomi masyarakat.

Paket sembako yang telah dibeli dan dikemas, Eko menambahkan, mereka menyalurkan ke tiap-tiap warga miskin dengan mendatangi tempat penerima bantuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

"Sebagian kita salurkan di rumah-rumah warga miskin, sebagian juga kami berikan kepada warga miskin yang berada di jalanan," jelasnya.

Menurut Eko, pendistribusian bantuan sembako dilakukan secara door to door dan tidak beramai-ramai, hal itu dilakukan untuk menjaga jarak atau physical distancing dalam mencegah penyebaran virus Corona dengan mengikuti protokol covid-19.

"Yang terjun membagi sempako hanya perwakilan kompetensi keahlian seperti ketua kelas dan bendahara beserta guru pendamping," beber Eko.
Saat pendistribusian bantuan untuk warga di Desa Ngali yang terdampak korban kebakaran. Foto ist

Dijelaskannya, paket sembako yang dikemas menjadi satu paket terdiri dari beras 5 Kg, minyak goreng 1 liter, mie instan 10 bungkus. Dan sasaran pembagian sembako antara lain Kelurahan Karijawa, Potu, Bada, dan Kandai Satu dengan total 30 paket sembako.

Tak hanya itu, lanjut Eko, para siswa dan siswi ini, juga menyalurkan bantuan sembako kepada korban kebakaran di Desa Ngali Kabupaten Bima yang terjadi beberapa hari lalu yang menghanguskan puluhan rumah.

"Pemberian paket sembako di Desa Ngali sedikit berbeda dengan di Dompu. Dalam satu paket siswa memberikan beras 5 kg, sikat gigi, minyak goreng, gelas, mie instan, telur lima butir, Selain itu pakaian layak pakai satu karung, air mineral empat dus dan obat-obatan," terang Eko.

Guru pendamping sekaligus pembina OSIS SMK N 1, Muslim Ansyari, S.Pd berharap, semoga paket yang diberikan bermanfaat dan dapat meringankan beban bagi warga miskin dan rentan miskin terdampak covid-19 serta korban kebakaran di Bima.

"InsyaAllah SMKN 1 Dompu melalui OSIS PMR Pramuka dan ROHIS selalu hadir membantu baik dalam bentuk moril dan materil. [B-10]