Takbir Keliling Ditiadakan, Shalat Idul Fitri 1441 H di Rumah, Ini Imbau Kapolres Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Takbir Keliling Ditiadakan, Shalat Idul Fitri 1441 H di Rumah, Ini Imbau Kapolres Dompu

Thursday, May 21, 2020
Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK

Dompu, Berita11.com - Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK ikut menghimbau sekaligus meminta kepada warga Kabupaten Dompu untuk mengindahkan anjuran pemerintah agar tidak melakukan takbir keliling pada saat malam perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020 dan melakukan shalat Idul Fitri di rumah masing masing.

Hal itu dilakukan bentuk dari manifestasi kepedulian bersama dalam hal memutus mata rantai penularan virus Corona atau Covid-19, mengingat di Kabupaten Dompu penularan virus tersebut semakin meningkat.

"Saya menghimbau dan mengajak saudaraku semuanya untuk mematuhi himbauan pemerintah untuk tidak melaksanakan takbiran keliling seperti biasa dan kepada seluruh masyarakat Dompu agar melaksanakan sholat idul Fitri dirumah saja bersama keluarga," imbuh Kapolres Dompu, Kamis, (21/5/2020) malam.

Menurut Syarif, himbauan tersebut tidak bermaksud untuk menghalang halangi atau melarang kegiatan beribadah atau kegiatan keagamaan namun demi kebaikan serta menjaga keselamatan kita semua dari penularan Covid-19.

"Mengingat wabah corona makin meluas dan berbahaya. Maka, sebaiknya kita ikuti anjuran pemerintah demi meminimalisir dan memutus mata rantai penularan virus Corona, dan untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak," terang Kapolres.  

Sebelum mengakhiri imbauan, Kapolres Dompu menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah kepada warga Kabupaten Dompu lebih khusus buat jajaran Polres Dompu.

"Selamat hari raya idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020, mohon maaf lahir dan batin, semoga kita semua tetap dalam lindungan yang maha kuasa dan Covid-19 cepat berlalu," pungkas Syarif Hidayat.

Himbauan itu juga disampaikan beberapa tokoh ulama yang ada di Kabupaten Dompu seperti Ketua Majelus Ulama Iindonesia Dompu,
Dr. H. Abdullah Arsyad, Ia juga ikut himbauan atas peraturan pemerintah demi kebaikan umat.

"Apa yang diharapkan oleh pemerintah kita sekarang ini dalam rangka melaksanakan shalat id, kita serahkan kebijakan pemerintah, sehingga tidak ada permasalahan yang muncul oleh sebab itu, kami atas nama MUI Dompu menghimbau kepada kita semua dan masyarakat pada umumnya supaya berpegang teguh kedisiplinan dan kenyamanan bangsa dan negara," kata.

Imbauan senada disampaikan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu Drs H. Syamsul H Ilyas, M. Si, agar sholat Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini masyarakat melaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga.

"Saya menghimbau dan memohon kepada seluruh umat Islam yang ada di Kabupaten Dompu untuk melaksanakan shalat sunat idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020 Masehi di rumah masing-masing sesuai himbauan pemerintah dengan tujuan untuk memutus penyebaran Cobid-19," imbuhnya.

Sementara, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu, Drs. H. Dahlan juga menyampaikan himbauan yang sama agar pelaksanaan shalat idul Fitri 1441 Hijriah tahun 2020 Masehi di rumah saja.

"Kaitan dengan salat idulfitri sebaiknya di rumah saja sesuai anjuran pemerintah karena kaitan dengan virus Corona atau Covid-19 menular melalui manusia," ujarnya. 

Himbauan yang sama, juga disampaikan beberapa pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di dompu diantaranya, Ustadz H. Lalu Syarifuddin. SQ selaku pimpinan Ponpes Salman dan pimpinan Ponpes Usaman Bin Affan, Udatdz Zainuddin S. Pdi juga Ustadz Elharis Abudul Qodir Lc. [B-10]