TGTPP Covid-19 Kembali Lakukan Rapid Test Massal di Pasar Tradisional Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

TGTPP Covid-19 Kembali Lakukan Rapid Test Massal di Pasar Tradisional Dompu

Tuesday, May 12, 2020
Saat rapid test di posko sekitar komplek pasar tradisional Dompu. Foto Poris Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Dompu kembali melakukan rapid test massal di seputaran kompleks pasar tradisional Dompu, Selasa (12/5/2020) yang dimulai dari pagi hingga sore.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Drs H. Bambang M. Yasin, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, Kabag Ops Polres Dompu AKP Nusra Nugrahan, SH, Kapolsek Dompu IPDA I Kadek Swadaya Atmaja, S.Sos.

Kemudian Plt. Kepala Dikes Maman, S.Km, M.M.Kes, Kepala Puskesmas Dompu Kota, Camat Dompu, Danramil 01-1614/Dompu Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Bada.

Sekertaris TGTPP Dompu yang juga kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu Jufrin, ST, M.Si disela-sela kegiatan mengatakan, rapid test itu dilakukan adalah mengambil sampel darah untuk diperiksa di laboraturium Puskesmas Dompu Kota.
Saat pembagian masker ke pengguna jalan. Foto Poris Berita11.com

"Hasilnya akan diperiksa di Leb Puskesmas Kota, kalau memang ada yang reaktif, nanti protap yang kita lakukan adalah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," kata Jufri.

"Tujuh hari kemudian akan dilakukan rapid test lagi tahap kedua, jika rapid test tahap kedua hasilnya masih tetap reaktif, maka, kami akan melakukan swab test," lanjut pria dengan sapaan akrab Bang Jef ini.

Dikatakannya, khusus warga di wilayah Kecamtan Dompu yang belum sempat dilakukan rapid test bisa langsung mendatangi Puskesmas Dompu Kota karena di sana telah menyediakan ribuan alat rapid test.

"Untuk wilayah Dompu, melalui Puskesmas Dompu Kota sudah menyedikan 1.000 alat rapid test, besok atau lusa, kami fokuskan ke para mahasiswa, dan TKW maupun TKI," jelas Bang Jef.
Raped test sedang berlangsung dikawal Kapag OPS Polres Dompu AKP Nusra Nugrahan, SH. Foto Poris Berita11.com

Pantauan Berita11.com, selain melakukan rapid test, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pembagian 2000 masker gratis kepada pengguna jalan baik pengendara maupun pejalan kaki.

Melalui kesempatan itu juga, pemerintah menghimbau serta mensosialisasikan ke warga untuk mentaati anjuran pemerintah agar tetap memakai masker jika bepergian dan jika tidak ada keperluan mendesak agar tetap berada dalam rumah.

Himbauan tersebut dilakukan dengan menggunakan mobil pengerah suara milik Dinas Kominfo Kabupaten Dompu dengan tujuan untuk mengantisipasi atau mematahkan mata rantai Covid-19 dan giat berakhir sekira pukul 17.38 Wita. [B-10]