Diduga Miliki Sabu-sabu 8.13 Gram, Staf Desa Asal Bima Diringkus Polisi

Iklan Semua Halaman

.

Diduga Miliki Sabu-sabu 8.13 Gram, Staf Desa Asal Bima Diringkus Polisi

Kamis, 25 Juni 2020
AR pria asal Bima yang juga staf desa saat diringkus sat Resnarkoba. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Seorang pria berinisial AR yang juga salah seorang Staf Desa warga Dusun Mangge Na'e, Desa Talabiu, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima diringkus tim khusus Opsnal Satresnarkoba Polres Dompu, Rabu (24/6/2020) malam, sekira pukul 21.40 Wita.

Pria 41 tahun ini diringkus di Jalan Lintas Dompu - Bima, tepatnya di perempatan sawete (lampu merah) Lingkungan Sawete, Kelurahan Bali, Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu karena diduga memiliki narkotika jenis sabu-sabu seberat 8.13 gram.

Kasat Narkoba Polres Dompu IPTU Tamrin, S.Sos melalui PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah menjelaskan, penangkapan itu berawal dari informasi masyarakat bahwa ada seorang pria asal Bima, mengendarai Honda CBR 150 warna putih ingin melakukan transaksi di Jembatan, Lingkungan Kampo Samporo, Kelurahan Bali.

"Atas informasi tersebut, Ka Timsus AIPDA Yusuf, SH melaporkan pada kasat Narkoba akhirnya, Kasat Narkoba memerintahkan anggota untuk melakukan penangkapan dan hindari arogansi serta utamakan keselamatan diri dan tim," ungkap Hujaifah.

Berdasarkan pengembangan informasi tentang terduga, Timsus melakukan pencegatan (memberhentikan) sepeda motor yang dikendarai terduga pelaku di perempatan lampu merah Sawete.

Sebelum dilakukan penggeledahan dan pemeriksaan, Ka Timsus terlebih dahulu menunjukkan SPRIN GAS (Surat Perintah Tugas) kepada terduga, kemudian anggota memanggil dua orang warga yang berada di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk ikut serta menyaksikan akhirnya dilanjutkan dengan penggeledahan terhadap terduga.

Dari hasil penggeledahan terhadap terduga, Timsus temukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam di sebelah motor (tergeletak di tanah) yang sengaja dijatuhkan oleh terduga dengan menggunakan tangan kiri," beber Hujaifah. 
Sejumlah BB yang berhasil diamankan. Foto ist

Setelah dibuka bungkusan tersebut, berisi dua klip plastik ukuran besar dan satu klip plastik ukuran kecil yang didalamnya berisi kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu-sabu.

Tak sampai di situ, Timsus tetap berupaya untuk melakukan penggeledahan, alhasil, Timsus berhasil temukan di bawah jok sepeda motor dibungkus menggunakan tisu, setelah dibuka ternyata, barang bukti (BB) lebih gede dari pada penemuan pertama.

"Di bawah jok sepeda motor dibungkus pakai tisu, setelah dibuka terdapat enam klip plastik, ukuran sedang yang didalam berisi kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu-sabu, jadi jumlah total barang bukti sembilan klip dengan berat keseluruhan 8.13 gram," terang Hujaifah.

Selain itu, Timsus berhasil mengaman BB lain, diantaranya, satu buah dompet dengan uang sejumlah Rp150 ribu rupiah, satu unit Hand phone, satu unit sepeda motor Honda CBR 150 warna putih dengan Nomor Polisi B 6302 FKL.

Selanjutnya terduga pelaku beserta BB digiring ke Mapolres Dompu guna diperikasa lebih lanjut.

Akibat perbuatannya, terduga pelaku dijerat (dipersangkakan) dengan Pasal 112 ayat 1 dan 2 dengan ancaman paling lama 15 tahun penjara 

Sedangkan di Pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, terduga pelaku diancam dengan hukuman mati atau penjara seumur hidup alias 20 tahun. [B-10]