Kapolres Dompu Pastikan Lomba Kampung Sehat Bakal Digelar Juli Mendatang

Iklan Semua Halaman

.

Kapolres Dompu Pastikan Lomba Kampung Sehat Bakal Digelar Juli Mendatang

Kamis, 11 Juni 2020
Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.I.K diapit tiga orang wartawan. Dok Berita11.com 

Dompu, Berita11.com - Dalam rangka melawan pandemi Covid-19, Kepolisian Resor Dompu bakal menggelar lomba kampung sehat antar desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Dompu. Lomba tersebut bakal digelar awal bulan Juli mendatang 

Hal itu dipastikan oleh Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.I.K usai pembagian masker kepada wartawan di aula Mapolres setempat, Kamis (11/6/2020) siang.

Menurut Syarif Hidayat, desa yang nampak bersih dan sehat serta memiliki kreatif maupun inovatif akan ditunjuk sebagai pilot project atau desa percontohan dan akan diperlombakan tingkat Kabupaten.

"Program ini, kita ketahui sejalan dengan program intruksi pemerintah dalam kehidupan new normal," katanya.

Kapolres menjelaskan, dalam perlombaan kampung sehat, ada beberapa kriteria yang dinilai dan dilombakan antara lain, sehat ekonominya, sehat pendidikannya, sehat keamanan lingkungannya dan lain-lain.
Kapolres Dompu saat memberikan keterangan pers. Dok. Berita11.com

"Karena ini dalam rangka melawan pandemi Covid-19 berarti langkah langkah dan tindakan di desa tentu berkaitan dengan pencegahan Covid-19, sehingga nanti apa yang menjadi penilaian seperti bagaimana tindakan, perbuatan, ataupun apa yang sudah dilakukan di desa itu menyangkut tentang Covid-19," beber Kapolres.

Ada puluhan Desa dan Kelurahan yang sudah tercatat yang bakal mengikuti perlombaan nantinya, Desa dan Kelurahan itu memang sudah diperioritaskan dan Polres Dompu sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak termasuk Kodim 1614/Dompu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP Kabupaten Dompu.

"Satu Kabupaten, kita sudah tentukan sebanyak 20 Desa dan Kelurahan dan Desa-desa ini sudah kami lakukan koordinasi dengan beberapa pihak, dan kami juga sudah bentuk tim yang terdiri dari Kodim, Polres dan Pemda," beber Syarif Hidayat.

Dengan adanya lomba kampung sehat ini diharapkan agar seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Dompu, agar proaktif dalam mengikuti kegiatan lomba kampung sehat tersebut. [B-10]