Kapolres, Kasat Intelkam dan Dandim 1614 Dompu Kunjungi Bacabu dan Bacawa SUKA

Iklan Semua Halaman

.

Kapolres, Kasat Intelkam dan Dandim 1614 Dompu Kunjungi Bacabu dan Bacawa SUKA

Kamis, 18 Juni 2020
Dari kanan Bacabu Syaifurrahman, tengah, Kapolres Dompu dan ujung kiri, Dandim 1614/Dompu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Kapolres AKBP Syarif Hidayat, SH, S.I.K, didampingi Kasat Intelkam IPTU Makrus, S.Sos dan Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom mengunjungi kediaman Bakal Calon Bupati (Bacabu) Syaifurrahman dan Bakal Calon Wakil (Bacawa) Ika Rizky Veryani disingkat SUKA periode 2021-2026, Kamis (18/6/2020) siang.

Kapolres Dompu melalui PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah mengatakan, saat ini, sudah memasuki tahapan awal pilkada yang sempat tertunda akibat dari pandemi Covid-19 dan sekrang Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat telah mengeluarkan keputusan bahwa pilkada akan dilanjutkan.

Untuk itu, Kapolres dan Dandim 1614 Dompu kunjungi kediaman para Bacabu dan Bacawa SUKA sekaligus bersilaturahim dengan tujuan untuk membangun sinergitas agar tetap menjaga situasi Kamtibmas.

"Siapapunpun nanti yang lolos ataupun tidak, secara administrasi tetap kami akan silaturahmi untuk saling mendukung terciptanya situasi kondusifitas," kata Hujaifah.

Kapolres menerangkan, kata Hujaifah, tim sukses dapat beradaptasi dengan peraturan KPU antara lain.
a) Pada saat pendaftaran massa aksi akan dibatasi.

b) Bacabu saat mendaftar, akan diatur jam pendaftaraan sehingga tidak ada Bacabu yang datang bersamaan untuk meminimalisir penyebaraan Covid-19.

c) Pada saat melaksanakan debat, akan dibatasi 100 orang untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19. 

"Saya selaku aparat keamanan menginginkan tercipatnya situasi kamtibmas aman, lancar dan kondusif," urai Kapolres.

Kapolres berharap, aparat keamanan saling mendukung dan mengendalikan tim suksesnya untuk menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Dompu, karena Pemilu tahun lalu, wilayah Kabupaten Dompu masuk zona merah, namun kenyataanya salah.

"Pemilu kemarin berjalan dengan lancar, aman dan Kondusif ini disebabkan dengan banyaknya dukungan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, diharapkan untuk tim sukses agar tidak melakukan provokasi, hoax dan SARA di media sosial, alangkah baiknya tim harus memajukan visi dan misi Bacabu yang diusungnya dari pada saling memprovokatif antar Bacabu lainnya. 

"Apapun keputusan KPU nanti kita harus Patuhi dan dapat menyesuaikan," pintanya.

Menurut Kapolres, pihaknya sebagai aparat keamanan netral dalam Pilkada, apabila ada anggota terlibat politik, maka, pihaknya akan tindak tegas dan meminta terhadap Bacabup bagai mana Pilkada yang akan datang berjalan dengan aman dan Lancar.

"Untuk tim sukses agar menunjuk saksi yang penuh tanggung jawab, foto dan videokan sehingga tidak terjadi permasalahan Pemilu Kada," tandasnya.

Sementara, Dandim 1614 Dompu juga menyampaikan ucpan terima kasih terhadap Bacabu yang sudah menerima kunjungan tersebut. Dandim juga mempercayakan terhadap Kapolres beserta anggotanya untuk mengawal jalannya Pemilu Kada di Dompu. 

"Apabila ada permasalahan, mohon diselesaikan dengan mekanisme hukum agar menghindari konflik dan saya berharap, untuk Bacabu dan tim sukses tidak saling memprovokasi baik di kehidupan nyata maupun sosial media," pinta Dandim.

Sebelum menanggapi hal itu, Bacabu Syaifurrahman menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kapolres dan Dandim 1614 Dompu dan berjanji bahwa dirinya beserta tim akan menjaga Kamtibmas di wilayah Dompu. Selain itu, ia juga mengapresiasi atas arahan Kapolres dan Dandim 

"Kami pun sebagai Bacabu akan tetap mengikuti arahan Kapolres dan Dandim serta mengikuti aturan yang diberikan KPU sebagai penyelenggara pemilu, apalagi sekarang masih dalam situasi pendemik Covid-19," ucapnya.

Syaifurrahman juga meminta terhadap Kapolres, apabila ada tim suksesnya yang dianggap meresahkan atau menyebarkan berita hoax dan provokasi yang dapat merugikan orang lain termasuk dirinya diminta agar menyampaikan kepadanya.

"Kami akan menindak tegas, apabila ada anggota dari tim kami melakukan tindakan provokatif Bacabu lain dan tidak segan segan akan mengeluarkan dari tim sukses," tegasnya.

"Kami sebagai Bacabu berkomitmen untuk selalu mendukung dan membantu tugas-tugas kepolisian agar situasi Kamtibmas aman dan kondusif," janjinya. [B-10]