Luar Biasa, Sense of Crisis Terhadap Warga, Rastra Sewakottama Quick Respon -->

Iklan Semua Halaman

.

Luar Biasa, Sense of Crisis Terhadap Warga, Rastra Sewakottama Quick Respon

Monday, June 22, 2020
Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK terlihat di tengah-tengah warga yang mengamuk ingin menghakimi sopir dan kernet truk Fuso tangki aspal sedang memberikan himbauan serta menenangkan warga. Dok. Poris Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Kepekaan Institusi Kepolisian terhadap suasana atau sense of crisis masyarakat yang berdampak akibat Covid-19 maupun warga yang membutuhkan bantuan, sangat luar biasa. 

Pasalnya, lembaga negara yang berlambangkan Rastra Sewakottama ini selalu ambil langkah cepat atau Quick Respon hadir di tengah-tengah masyarakat guna melaksanakan bakti sosial dalam hal membantu warga.

Hal itu bisa terlihat dari berbagai macam program bantuan, di mulai program pembagian beras dari Mabes Polri, kemudian pembagian beras dalam rangka hari Bhayangkara ke 74 dari Polda NTB serta bantuan-bantuan lain seperti bantuan buat anak-anak yang menyandang penyakit Difabel hingga ke orang-orang dewasa.

Penyerahan bantuan yang secara keseluruhan itu diserahkan langsung oleh anggota kepolisian dari Bhabinkamtibmas, Kapolsek jajaran, para PJU Polres dompu bahkan sampai Kapolres sendiri. 

Tak hanya itu, Institusi Kepolisian khususnya Resor Dompu di bawah Komando AKBP Syarif Hidayat, SH,S.I.K ini, selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, seperti yang dilakukan di depan Mako Polres Dompu beberapa hari yang lalu.

Yang dimana, Syarif Hidayat menyelamatkan nyawa dua orang warga asal Kabupaten Sumbawa Besar dengan terjun langsung ke tengah-tengah warga yang mengamuk hendak menghakimi sopir dan kernet truk Fuso tangki aspal lantaran kecelakaan lalu lintas di Desa Madawau Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima.
Kapolres Dompu beserta jajarannya saat menyerahkan bantuan kursi roda pada bocah 6 tahun yang menyandang penyakit difabel di Desa Manggeasi. Dok. Poris Berita11.com

"Pengejawantahan diri sebagai lembaga negara selaku pelindung pengayom dan pelayan masyarakat terus diwujudkan," ujar Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK melalui PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah, Minggu (21/6/2020) malam.

Menurut Hujaifah, orang nomor satu di Kepolisian Resor Dompu ini dalam setiap kesempatan tetap memberikan arahannya terhadap anggota agar selalu menjadi garda terdapan bagi masyarakat dalam mengayomi dan melindungi serta membantu warga.   

"Sebagai insan polri kita harus peka dengan keadaan sekitar, saya harap kita semua bisa quick respon dan memiliki sense of crysis terhadap siapapun yang membutuhkan kehadiran kita sebagai polisi,” terang Hujaifah yang dikutip dari arahan Kapolres terhadap anggotanya.

Dikatakannya, kepekaan terhadap yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat merupakan tujan utama pihak kepolisian, sehingga warga betul-betul merasakan adanya Polisi yang melindungi dan mengayomi serta melayani. Selain itu, kedekatan masayarakat secara emosional akan terasa dekat.   

“Dengan tindakan nyata di masyarakat, sehingga  masyarakat akan selalu merasakan hadirnya polisi dan polisi selalu turut serta dalam segala aspek kehidupannya,” Pungkasnya. [B-10]