Rawan Kemalingan, Warga BTN Evata 7 Distrik Waibu Doyo Lama Bangun Pos Kamling -->

Iklan Semua Halaman

.

Rawan Kemalingan, Warga BTN Evata 7 Distrik Waibu Doyo Lama Bangun Pos Kamling

Friday, June 5, 2020
Saat ronda malam usai keliling di kompleks BTN Evata 7 Distrik Waibu Doyo Lama. Foto ist. 

Sentani, Berita11.com - Tanpa ada arahan atau himbauan dari pemerintah setempat, warga BTN Evata 7 Distrik Waibu Doyo Lama, Kecamatan Sentani, Kabupaten Sentani kompak memiliki inisiatif dengan membangun sebuah pos kamling (ronda).

Proses pembangunan pos kamling ini dengan menyita waktu selama lima hari, dimulai, Minggu (31/5) hingga, Kamis (4/6/2020).

Hal itu dilakukan, agar warga di sekitar kompleks BTN tersebut tidak lagi resah terhadap rawan terjadinya kemalingan, selain itu, sering terjadi kriminal maupun keributan yang mengundang keresahan warga sehingga suasana Kamtibmas sedikit terganggu.

Salah satu warga setempat A. Haris pria 35 tahun, Jumat (5/6) kepada Berita11.com mengatakan, inisiatif pengadaan pos kamling itu merupakan swadaya dari warga setempat dengan cara patungan Rp200 ribu per KK, sehingga terkumpul lebih kurang Rp5 juta.

"Alhamdulillah, anggaran untuk pembangunan pos kamling ini kami dapatkan dari hasil patungan warga di sini dan ukurannya lumayan besar 3 x 4," setiap malam kami tetap melakukan ronda dan telah dibuatkan jadwalnya, dalam satu regu diisi lima orang untuk menjaga satu malam penuh," jelas A. Haris.
Saat ronda malam dengan keliling kompleks BTN. Foto ist

Selain menjaga Kamtibmas, lanjut bapak dari satu orang putri ini, pembangun pos kamling itu juga bertujuan untuk membangun keharmonisan antara warga dan menciptakan rasa kekeluargaan yang kokoh.

"Adanya pos kamling ini, selain menjaga Kamtibmas, hubungan sirahturahmi antar warga tetap terjaga terutama saling mengenal satu sama lain," ungkap pria sapaan akrab Auris ini.

Pria yang juga pemilik akun facebook Auris Perantau ini berharap, dengan dibangunnya fasilitas pos kamling itu, tidak ada lagi hal-hal yang meresahkan warga sehingga warga khususnya di kompleks itu bisa merasakan kenyamanan dan ketertiban.

"Semoga dengan adanya pos kamling ini, kedapanya kita bisa menjaga kekompakan demi kenyamanan kompleks kita dan tidak ada lagi hal-hal yang tidak diinginkan sperti ada kemalingan atau mabuk-mabukan di area kompleks kita," pungkasnya. [B-10]