Wujudkan Kampung Sehat, Polres Dompu Gelar Rakor dengan Instansi Terkait

Iklan Semua Halaman

.

Wujudkan Kampung Sehat, Polres Dompu Gelar Rakor dengan Instansi Terkait

Kamis, 11 Juni 2020
Rakor sedang berlangsung. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Demi mewujudkan kampung sehat di berbagai desa, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan instansi terkait. Rakor berlangsung di aula Mapolres setempat, Kamis (11/6/2020) siang.

Hadir pada kesempatan ini, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, Kepala BPBD Kabupaten Dompu Jufri, ST, MM, PLT Kepala Dinas Kesehatan Maman, S.Kep, Kasat Sat Pol PP H. Saiun, Para Kabag, Kasat/Kasi dan Para Kapolsek Jajaran Polres Dompu.

Adapun penyampaian Kapolres Dompu, dalam rangka membentuk kampung sehat sebagai mana yang telah direncanakan itu perlu adanya sosialisasi, salah satunya membuat poster atau spanduk serta enerangan keliling.

"Selain itu, membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang Protokol kesehatan pada saat pandemi Covid-19, salah satu contohnya pelaksanaan resepsi pernikahan, takjiah kematian dan lain lain," ujarnya.

Tak hanya itu, masing-masing desa harus membuat portal posko pengendalian Covid 19, kemudian adanya data masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Pemerintah Desa harus menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan pasien di desa itu sendiri dan Pendidikan Non Formal dengan memanfaatkan guru-guru yang ada di tiap-tiap Desa," beber Kapolres.

Sementara, penyampaian Dandim/1614 Dompu bahwa kegiatan kampung sehat itu merupakan program dari pemerintah daerah menuju Bumi Nggahi Rawi yang sehat supaya sehat dan terhindar dari covid 19.

"Dengan adanya pembentukan kampung sehat di setiap Desa atau Kelurahan akan memberikan kebiasaan hidup sehat bagi masyarakat dan sejalan dengan program dari pemerintah daerah yakni New Normal," kata Dandim.
Usai Rakor dan sesi foto bersama. Foto ist

"Dengan adanya jadwal pemberhentian aktivitas sekolah banyaknya halaman-halaman sekolah tidak terawat kebersihannya,"  tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD menyampaikan, apa yang menjadi program kampung sehat sebenarnya sudah mereka lakukan salah satunya di SDN 2 Dompu yang telah disiapkan sebagai sekolah percontohan pilot project berbasis Covid-19.

"Kampung sehat ini sudah kami lakukan seperti di salah satu sekolah, kita menyiapkan penyemprotan disetiap Desa atau Kelurahan serta alat pendeteksi suhu tubuh dan handsanitizer," katanya

"Kemudian menghimbau kepada setiap sekolah untuk mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan belajar mengajar," sambungnya.

Untuk itu, Jufri meminta untuk segera menentukan tim kerja untuk memberikan penilaian dalam seleksi kampung sehat. 

"Jika tim ini sudah dibentuk nantinya, para Kapolsek diharapkan untuk mendeskripsikan keadaan di lapangan dalam hal penanganan Covid-19," pungkasnya.

Berbeda dengan penyampaian Plt Kepala Dikes Maman, mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk alat test beserta data riwayat perjalanan pasien yang dicurigai PDP.

"Kami sudah memperisapakan ceklis para pasien-pasien Covid-19, termasuk data perjalanan pasien yang keluar kota. Kami juga telah menyiapkan Posyandu di tiap-tiap desa dengan menerapkan Protap-protap kesehatan Covid-19," bebernya.

Usai pelaksanaan Rakor, kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan berakhir sekira pukul 11.00 Wita. [B-10]