Brigadir Dediansyah dan Warga juga Kades Doropeti Temukan Tumpukan Kayu Illegal -->

Iklan Semua Halaman

.

Brigadir Dediansyah dan Warga juga Kades Doropeti Temukan Tumpukan Kayu Illegal

Minggu, 19 Juli 2020
Brigadir Dediansyah dan sejumlah warga saat menemukan tumpukan kayu di areal Dam Kasipahu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Brigadir Dediansyah dan Kepala Desa (Kades) Doropeti, Dahlan S.Pd beserta jajarannya juga warga Dusun Dam Kasipahu lebih kurang 20 orang, temukan tumpukan Kayu di areal Dam Kasipahu, Sabtu (17/72020) pagi.

Penemuan kayu jenis Dua Banga Malokana atau Rajumas yang merupakan suber mata air ini, saat melakukan kegiatan rutin dengan pengecekan mata air sekaligus membersihkan Dam penampungan air.

Menurut Brigadir Dediansyah, kayu yang sudah terbuat bentuk balok yang diperkirakan mencapai delapan kubik ini, diduga hasil perambahan oknum illegal logging yang tak bertanggungjawab.

"Balok kayu ini kuat dugaan kami di tebang oleh oknum masyarakat secara illegal," kata Dediansyah.

Mengingat lokasi untuk mobilisasi sangat jauh dan medannya sangat sulit untuk dijadikan alat bukti, Dediansyah bersama sejumlah warga dan Pemerintah Desa sepakat untuk memusnahkan barang bukti (BB) tersebut.

"Saya dan pihak Pemerintah Desa Doropeti bersama masyarakat memusnahkan kayu sebagai BB dengan cara memotong menggunakan senso, sehingga tidak bisa digunakan lagi oleh oknum perambahan hutan," terang Dediansyah.

Untuk menjaga kelestarian hutan serta mencegah kekeringan mata air, Dediansyah terus berupaya untuk melakukan sosialisasi dan membina warga agar tidak melakukan perambahan hutan dengan cara ilegal loging.

"Saya berharap, perambahan hutan seperti ini jangan lagi dilakukan, karena akan berdampak buruk untuk kita semua termasuk anak dan cucu kita kedepannya," imbuh Dediansyah. [B-10]