Dongkrak Wisata Edukasi, SMK We Save Creative Kunjungi Polres Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Dongkrak Wisata Edukasi, SMK We Save Creative Kunjungi Polres Dompu

Kamis, 16 Juli 2020
Usai kegiatan di aula Mapolres Dompu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Dalam rangka mendongkrak wisata pendidikan (edukasi) sebagai kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, SMK We Save Creative Kabupaten Dompu berkunjung ke Porles Dompu, Kamis (16/7/2020) pagi.

Kunjungan yang dirangkaikan dengan acara silaturahmi ini, disambut hangat oleh Kasat Lantas IPTU I Wayan Sukarsana, SH melalui Kanit Dikyasa AIPDA I Wayan Suarsana dan Kasat Narkoba IPTU Tamrin, S.Sos melalui AIPDA Guntur Ari Nogroho.

Kanit Dikyasa AIPDA I Wayan Suarsana selaku pemateri pertama menerapkan, tentang tata tertip dan kedisiplinan dalam berlalulintas, terutama keselamatan di saat mengendara atau mengemudi.

"Disiplin dan tertip berlalu lintas merupakan hal utama dalam keselamatan berkendara di jalan umum, penggunaan Safety dalam berkendara hal penting untuk keselamatan kita dan orang lain," papar I Wayan Suarsana.

Kanit Dikyasa juga memaparkan tentang Markah Jalan adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong, serta lambang yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

"Markah Jalan ini juga yang harus dipatuhi dan diketaui oleh anak-anak semuanya, ini juga tetap patuhi aturan dalam berlalu lintas agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa terhindarkan," terap I Wayan.

Sementara, pemateri Kedua disampaikan AIPDA Guntur Ari Nogroho berkaitan dengan bahaya narkoba bagi generasi, ia memaparkan, selain dapat menghancurkan masa depan, narkoba juga dapat kenakan sanksi pidana dengan hukuman penjara sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.
Giat wisata edukasi sedang berlangsung saat pemberian materi oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Dompu. Foto ist

"Saya berpesan kepada siswa-siswi untuk tidak sama sekali mengenal yang namaya Narkoba. Narkoba itu bisa merusak diri dan apa yang dicita-citakan tidak akan bisa tercapai. Pengguna Narkoba bisa dihukum sampai hukuman mati. Jadi kepada anak-anak jangan pernah kenal dengan Narkoba," saran Guntur Ari Nogroho.

Sebelumnya, saat menyampaikan sambutan, I Wayan Suarsana menyampaikan ucapan terima kasih terhadap SMK We Save Creative karena telah memberikan kepercayaan terhadap Polres Dompu untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

"Terimakasih banyak atas kepercayaan kepada kami sebagai tempat beredukasi dalam masa pengenalan lingkungan sekolah dan kami meminta maaf atas kekurangan kami dalam menyambut bapak dan Ibu guru," ucap I Wayan Suarsana.

"Dengan kekurangan ini, semoga bisa dimaksimalkan dan kami juga berharap semoga siswa dan siswi ini menjadi siswa yang teladan dan bisa menjadi orang sukses kedepannya," sambung I Wayan Suarsana.

Sementara, Kepala SMK We Save Creative, Adhar Aprianto, S.Pd apresiasi terhadap Kepolisian Resor Dompu dalam hal ini Sat Lantas dan Sat Norkoba yang sudah luangkan waktu untuk menerapkan materi bahaya narkoba dan cara berlalu lintas yang baik dan benar.

"Terimakasih banyak kepada Bapak Kapolres Dompu berserta jajarannya yang sudah menerima kunjungan kami. Semoga pertemuan ini menjadi awal bagi kami untuk berkerjasama dengan Polres Dompu dalam segala bentuk kegiatan termasuk yang berkaitan dengan Lalu Lintas juga Narkoba," ucap Adhar Aprianto.
Kanit Dikyaksa Sat Lantas Polres Dompu saat memberikan arahan tentang aturan lalu lintas. Foto ist

"Kami akan selalu menerapkan terhadap siswa dan siswi kami tentang bahaya narkoba dan menghindari Narkoba, begitu juga dengan berkendara dengan baik dan safety, semoga pertemuan ini membawa berkah untuk kami dan Polres Dompu," harapnya.

Terpisah, Kanit Lakalantas IPDA Agustamin, SH saat dihubungi Berita11.com via pesan WatsAppnya, juga mengapresiasi dengan giat yang diadakan SMK We Save Creative.

Giat yang bernilai positif itu, selain mendapatkan wawasan luas juga mendapatkan ilmu pengetahuan tentang berkendara yang baik dan benar terutama kedisiplinan berlalulintas dan bahaya tentang narkoba.

"Giat ini sangat baik bagi pelajar, selain untuk menambah wawasan, mereka juga bisa mengenal para pejabat dan tugas tugas pokoknya juga mendapat pelajaran tentang disiplin berlalu lintas yang benar dari Dikyasa Sat Lantas Polres Dompu, sehingga mengurangi laka lantas," Apresiasi Agus.

"Pelajar juga diberikan edukasi dan sosialisai tetang penyalahgunaan obat terlarang atau narkoba dari Sat Resnarkoba, sehingga sejak dini mereka paham efek penyalagunaan narkoba," pungkas Agus. [B-10]