Dua Pria ini Dibekuk Sat Resnarkoba dan Sat Intelkam Polres Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Dua Pria ini Dibekuk Sat Resnarkoba dan Sat Intelkam Polres Dompu

Kamis, 02 Juli 2020
Dua orang terduga dan sejumlah BB yang diamankan di Mapolres Dompu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Tim khusus (Timsus) Opsnal Satresnarkoba dan Sat Intelkam Polres Dompu bersinergi berhasil bekuk dua orang pria diduga mengantongi barang narkotika jenis sabu-sabu, Rabu (01/07/20) malam, sekira pukul 22.45 Wita.

Dua pria ini masing-masing berinisial AR (25) dan MS (20) yang kesehariannya butuh jagung warga Dusun Tekasire, Desa Tekasire,  Kecamatan Manggelewa. Keduanya dibekuk di rumahnya Agus di Dusun Madalibi, Desa Madaprama Kecamatan Woja.

Kasat narkoba IPTU Tamrin, S.Sos melalui PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah menjelaskan, Katimsus Sat Resnarkoba AIPDA Yusuf, SH mendapat informasi bahwa rumahnya Agus diduga dijadikan tempat berkumpul pemuda dan remaja.

"Menanggapi informasi tersebut, Katimsus Sat Resnarkoba AIPDA Yusuf SH dan anggota Sat Intelkam melakukan penyelidikan dan pengembangan terhadap adanya informasi dugaan transaksi dan pesta narkoba di rumah Agus," jelas Hujaifah.

Dari hasil penyelidikan, anggota mendapat beberapa fakta yang kuat, akhirnya melaporkan kepada kasat narkoba IPTU Tamrin, S.Sos. selanjutnya Kasat Narkoba perintahkan anggota agar segera melakukan penangkapan dan dalam bertindak hindari arogansi dan utamakan keselamatan.

"Atas perintah Kasat narkoba, anggota Opsnal menuju TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan melakukan pemantauan di rumah Agus dan diketahui ada beberapa orang yang sedang berkumpul," kata Hujaifah.

"Akhirnya, anggota melakukan penggerebekan dan sebelum dilakukan penggerebekan dan pemeriksaan, anggota memanggil warga yang berada di sekitar TKP untuk ikut menyaksikan proses penggrebekan dan pemeriksaan," sambung Hujaifah.

Anggota yang hendak masuk rumah, Hujaifah menambahkan, satu orang pemuda yang mengenakan jaket warna biru dan topi warna hitam keluar lewat pintu belakang rumah dan melarikan diri. 

"Saat dilakukan pemeriksaan, disaksikan dua orang pemilik rumah yakni Agus dan istrinya inisial NR, dan anggota berhasil temukan dua bungkus plastik klip yang di dalamnya berisi kristal bening diduga narkotika jenis sabu-sabu," ungkap Hujaifah.

Selain itu, anggota juga berhasil menemukan barang bukti (BB) lainnya diantaranya, satu bundel plastik klip transparans, satu buah skop, satu buah bong dan satu buah korep api. Selanjutnya, dua orang terduga dan sejumlah BB akhirnya digiring ke Mapolres Dompu guna diperikasa lebih lanjut.

Dua orang terduga dikenakan pasal sangkaan yakni Pasal 114 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

Dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dalam bentuk tanaman beratnya melebihi satu kilogram atau melebihi lima batang pohon atau dalam bentuk bukan tanaman beratnya lima gram.

Pelaku dipidana dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah sepertiga.

Sedangkan Pasal 112 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, barang siapa memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman lebih dari 5 gram, pelaku dipidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun serta pidana denda maksimal Rp 8 miliar. [B-10]