Gelar Aksi di Gate Swiss AMNT, Massa GMSBMK Pulang dengan Kecewa -->

Iklan Semua Halaman

.

Gelar Aksi di Gate Swiss AMNT, Massa GMSBMK Pulang dengan Kecewa

Jumat, 03 Juli 2020

Suasana saat Aksi Massa Berlangsung di Gate Swiss PT AMNT.


Taliwang,Berita11.com-- Puluhan massa yang mengatasnamakan diri Gerakan Masyarakat Sumbawa Barat Mencari Keadilan (GMSBMK) kembali turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi di tiga titik PT AMNT.

Massa menuntut PT AMNT merealisasikan janji terkait permintaan para massa aksi dalam beberapa kali aksi demo untuk mempekerjakan warga lokal lingkar tambang.


Ketua Gerakan Masyarakat Sumbawa Barat Mencari Keadilan (GMSBMK), Yuni Bouharny menjelaskan, menyayangkan sikap apatis PT AMNT terhadap gejolak sosial yang terjadi selama ini.


“Kami nggak butuh emas 2 kg dari apa yang perusahaan ambil dari tanah leluhur ini. Saya hanya meminta adik-adik sebanyak 20 orang itu dipekerjakan," katanya.


Yuni mengatakan, perusahaan selama ini terlihat apatis ketika masyarakat melakukan aksi unjuk rasa sejak beberapa bulan lalu.


Menurutnya, tidak ada solusi dari perusahaan atas gejolak sosial yang terjadi di lingkar tambang.


Ketegangan sempat terjadi ketika koordinator massa duduk diam di depan truk yang sedang melakukan kegiatan produksi di area tambang.


Saat aksi massa berlangsung tidak ada satupun pihak managemen yang mau menemui massa aksi. Namun massa aksi hanya ditemui oleh komandan kompi (Danki) Brimob Sub Den IV Detasemen A KSB.


Aksi berakhir setelah terjadi ketegangan saat koordinator massa, Yuni  Bourhany  hendak dipaksa karena tidak mau bangun dari tempat duduknya.


Danki Brimob Sub Den IV IPTU Sulaiman berupaya menenangkan anggota dan sekuriti perusahaan yang bersitegang dengan massa aksi.

Aksi massa di simpang 5 berlangsung sejak pukul 3.00 dini hari dan berakhir di Gate Swiss. Pihak manajemen bertemu dengan massa aksi pada pukul 11.00-12.30 Wita, namun pertemuan tidak menghasilkan kesepakatan.


Saat tiba di Tongo (Gate Swiss), Yuni Bourhany ditemani beberapa anggota massa aksi. [B-14]